PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BERKAITAN DENGAN PEREDARAN PRODUK IPHONE REKONDISI TANPA JAMINAN KUALITAS DAN GARANSI RESMI DI INDONESIA MENURUT UUPK

Muhammad, Irfani (2022) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN BERKAITAN DENGAN PEREDARAN PRODUK IPHONE REKONDISI TANPA JAMINAN KUALITAS DAN GARANSI RESMI DI INDONESIA MENURUT UUPK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Irfani_S20182004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Irfani, 2022: Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Berkaitan dengan Peredaran Produk Iphone Rekondisi Tanpa Jaminan Kualitas dan Garansi Resmi Di Indonesia Menurut UUPK.
Kata Kunci: UUPK, iPhone Rekondisi, Perlindugan Hukum, Konsumen
Rendahnya pengetahuan konsumen terhadap barang elektronik berjenis smartphone dibarengi dengan maraknya penjualan smartphone bermerk iPhone yang di daur ulang kembali oleh pelaku usaha menimbulkan kerugian kepada konsumen. Untuk melindungi kepentingan konsumen dan pelaku usaha dalam mewujudkan perekonomian yang sehat, kedudukan konsumen haruslah dijunjung tinggi dan konsumen haruslah dilindungi melalui peraturan-peraturan yang memuat hal-hal tekait dengan hak, kewajiban, serta tanggung jawab bagi konsumen dan pelaku usaha
Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan UUPK dalam transaksi jual beli iPhone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi?, (2) Bagaimana cara penyelesaian terhadap konsumen yang telah dirugikan atas dengan adanya peredaran iPhone rekondisi tanpa adanya jaminan kualitas dan jaminan yang resmi?.
Tujuan penelitian tersebut yakni, (1) Untuk mengetahui bagaimana tinjauan dari UUPKdalam transaksi jual beli iPhone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi resmi, (2) Untuk mengetahui bagaimana cara penyelesaian terhadap konsumen yang telah dirugikan atas dengan adanya peredaran iPhone rekondisi tanpa adanya jaminan kualitas dan jaminan yang resmi.
Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka dengan sifat yuridis normatif yakni suatu proses untuk mengetahui atau menemukan suatu aturan hukum, prinsip hukum, maupun doktrin -doktrin hukum dengan cara mendengar, membaca, memahami dan mengkaji penerapan dari undang-undang serta asa teori dalam konflik norma yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu analisis deskritif keabsahan data menggunakan triangulasi.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perlindungan hukum bagi konsumen dirugikan dan jaminan barang ini dalam peredaran iPhone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi di Indonesia menurut UUPK, dimana pelaku usaha dapat dikenai sanksi pidana berupa hukuman penjara yang sesuai dengan yang tertuang dalam pasal 61 UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen jika terbukti melakukan pelanggaran; 2) Penyelesaian terhadap konsumen yang telah dirugikan atas hak informasi dan jaminan barang ini atas peredaran iPhone rekondisi tanpa jaminan kualitas dan garansi ini dapat melalui dua tahap yakni, a) tahap penyelesaian sengketa konsumen diluar pengadilan; b) tahap penyelesaian sengketa konsumen didalam pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100510 Wireless Communications
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180123 Litigation, Adjudication and Dispute Resolution
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Muhammad Irfani
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:18
Last Modified: 12 Jan 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item View Item