PENGARUH PERSON JOB FIT, PERSON ORGANIZATION FIT DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI BPR NUSAMBA RAMBIPUJI JEMBER

Adiyanto, Silviana (2022) PENGARUH PERSON JOB FIT, PERSON ORGANIZATION FIT DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI BPR NUSAMBA RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SILVIANA ADIYANTO_E20181067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Silviana Adiyanto, Dr. Ahamdiono, M.E.I, 2022: Pengaruh Person Job Fit, Person organization Fit dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan di BPR Nusamba Rambipuji Jember

Persaingan bisnis yang semakin meningkat mendorong perusahaan berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM agar mampu bersaing secara sehat. Pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan menjadi hal yang penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan. Terutama dalam hal kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan mencerminkan perasaan seseorang akan pekerjaan sehingga menimbulkan dampak positif karyawan baik terhadap pekerjaannya atau sesuatu yang dihadapi dalam lingkungan pekerjaannya.
Rumusan masalah yang telah ditentukan oleh peneliti yaitu: 1.) Apakah person job fit berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan BPR Nusamba Rambipuji. 2.) Apakah person organization fit berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan BPR Nusamba Rambipuji. 3.) Apakah motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan BPR Nusamba Rambipuji. 4.) Apakah person job fit, person organization fit dan motivasi kerja berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan kerja karyawan BPR Nusamba Rambipuji.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel person job fit, person organization fit dan motivasi kerja secara parsial dan simultan terhadap kepuasan kerja di BPR Nusamba Rambipuji.
Metode dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dan analisis data menggunakan alat uji analisis data berupa uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan teknik pengambilan sampel yakni sampling jenuh sebanyak 30 responden.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, diperoleh dalam pengujian, variabel person job fit berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja kayawan, hasil pengujian variabel person organization fit berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dan variabel motivasi kerja berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Dalam pengujian simultan semua variabel person job fit, person organization fit dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja di BPR Nusamba Rambipuji dengan nilai sig 0,001 < 0,05 dan F hitung > F tabel sebesar 7,183 > 2,96 dan nilai pengaruh R2 sebesar 45,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Person Job Fit, Person organization Fit dan Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Silviana Adiyanto
Date Deposited: 16 Jan 2023 09:26
Last Modified: 16 Jan 2023 09:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item View Item