Analisis boston consulting group pada strategi pemasaran di pabrik beras sukoreno makmur kalisat jember

Amalia, Nur (2023) Analisis boston consulting group pada strategi pemasaran di pabrik beras sukoreno makmur kalisat jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR AMALIA_E20182001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Amalia, Hersa Farida Qoriani, 2022 : Analisis Boston Consulting Group Pada Strategi Pemasaran Di Pabrik Beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember.

Pemasaran merupakan suatu kegiatan perencanaan, pelaksanaan strategi dan mengevaluasi hasilnya untuk melakukan perbaikan yang akan datang. Sehingga keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya tergantung pada kemampuan menjalankan fungsi pemasaran, dikarenakan pemasaran merupakan bagian penting karena berhubungan langsung kepada konsumen. Permasalahan pada penelitian ini yaitu pabrik beras Sukerono Makmur memiliki kendala dalam pemasaran produknya, sehingga produk dari pabrik beras Sukoreno Makmur kurang dikenal masyarakat.

Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran di pabrik beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember? 2) Apa saja kendala dalam strategi pemasaran di pabrik beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember? 3) Bagaimana analisis Boston Consulting Group pada strategi pemasaran di pabrik beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember?

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran di pabrik beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember. 2) Untuk mengetahui apa saja kendala dalam strategi pemasaran di pabrik beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember. 3) Untuk mengetahui bagaimana analisis Boston Consulting Group pada strategi pemasaran di pabrik beras Sukoreno Makmur Kalisat Jember.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di pabrik beras Sukoreno Makmur yang berada di Dusun Grugul RT 03 RW 03 Desa Sukoreno, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember. Penentuan subjek sebagai informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi metode.
Penelitian ini menghasilkan : 1) Strategi pemasaran yang diterapkan oleh pabrik beras Sukoreno Makmur yaitu menggunakan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 4p yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. 2) Kendala yang dialami pabrik beras Sukoreno Makmur yaitu perusahaan masih tidak menggunakan Media Sosial dalam pemasarannya dan persaingan antara pabrik beras lainnya yang semakin ketat karena semakin banyak perusahaan beras. 3) Dari hasil penelitian dengan analisis matriks BCG, maka dapat diketahui tingkat pertumbuhan pasar pabrik beras Sukoreno Makmur sebesar 15% dan pangsa pasarnya 0.6, maka pabrik beras Sukoreno Makmur berada dalam posisi tanda tanya (Question Mark) yaitu pertumbuhan pasar yang sedang dan pangsa pasarnya relatif rendah.

Kata Kunci : Pemasaran, Matriks Boston Consulting Group, Pabrik Beras .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Amalia lia
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:49
Last Modified: 12 Jan 2023 09:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item