PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VIII DI MTS. BUSTANUL ULUM KEMIRI PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Shofiatul, Karimah (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS VIII DI MTS. BUSTANUL ULUM KEMIRI PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Shofiatul Karimah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Shofiatul Karimah, 2022 : Perbedaan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dan Konvensional pada Siswa Kelas VIII
Di MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar
Hasil rata-rata nilai belajar mata pelajaran IPS siswa masih banyak yang kurang dari KKM karena kurang di minati khususnya oleh siswa kelas VIII MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember, ketika pembelajaran siswa lebih banyak menghafal materi menjadikan siswa kurang semangat untuk belajar, dalam hal ini penggunaan model pembelajaran juga kurang bervariasi menjadikan pembelajaran kurang maksimal. Diperlukan model pembelajaran yang menarik karena di sekolah masih didominasi dengan penggunaan model pembelajaran konvensional. Hal itu mengakibatkan siswa pasif dan pengetahuan siswa hanya sebatas pada buku modul dan apa yang disampaikan oleh guru. Model pembelajaran project
based learning merupakan salah satu pilihan yang melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dan Konvensional pada siswa Kelas VIII di MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember Tahun Pelajaran
2022/2023.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen. Desain penelitian yang dipilih adalah non-equivalent control grup design yaitu penelitian yang menggunakan pretest dan posttest group design. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. instrument pengumpulan data menggunakan pengumpulan data berupa soal-soal tes pilihan ganda. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII MTs. Bustanul Ulum, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penentuan sample menggunakan sampling purposif. Teknik pengumpilan data menggunakan
dokumentasi berupa nilai posttest. Analisis dan uji hipotesis dengan independent sample T-Test dan dilakukan bantuan program SPSS for Windows Versi 0,16.
Hasil analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikasi atau nilai sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artiya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS melalui model pembelajaran project based learning dengan model pembelajaran konvensional pada siswa Kelas VIII di MTs. Bustanul Ulum Kemiri Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Shofiatul Karimah Shofi
Date Deposited: 12 Jan 2023 06:48
Last Modified: 12 Jan 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item