STRATEGI PENGHIMPUNAN ZAKAT MELALUI LAYANAN JEMPUT DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN MUZAKI DI LAZDA RIZKI JEMBER

Ali, Yafie (2023) STRATEGI PENGHIMPUNAN ZAKAT MELALUI LAYANAN JEMPUT DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN MUZAKI DI LAZDA RIZKI JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ALI YAFIE_E20184019.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Ali Yafie, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2022: STRATEGI PENGHIMPUNAN ZAKAT MELALUI LAYANAN JEMPUT DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN MUZAKI DI LAZDA RIZKI JEMBER TAHUN 2021

Secara umum strategi terdiri atas dua tahapan utama yaitu perumusan dan implementasi. Sedangkan layanan jemput zakat merupakan sistem yang umumnya diberikan oleh lembaga amil zakat yaitu dengan cara pendelegasian petugas amil zakat untuk mendatangi tiap-tiap donatur yang ingin menyalurkan donasinya sesuai dengan tempat dan waktu yang diinginkan oleh donatur itu sendiri dan disepakati oleh lembaga.
Adapun rumusan masalah yang akan diteliti antara lain: 1) Bagaimana strategi penghimpunan dana zakat melalui layanan jemput zakat pada LAZDA RISKI Jember? 2) Bagaimana strategi LAZDA RISKI Jember dalam meningkatkan kepatuhan muzaki dalam membayar zakat?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui strategi penghimpunan dana zakat di LAZDA RISKI Jember. 2) Untuk mengetahui strategi LAZDA RISKI Jember dalam meningkatkan kepatuhan muzaki dalam membayar zakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dalam penelitian skripsi ini antara lain: 1) Strategi penghimpunan dana zakat melalui layanan jemput zakat pada LAZDA RISKI Jember menggunakan tahap-tahap strategi yang meliputi: a) Perumusan strategi b) Penerapan strategi c) Evaluasi strategi. 2) Bagaimana strategi LAZDA RISKI Jember dalam meningkatkan kepatuhan muzaki dalam membayar zakat juga menggunakan tahapan-tahapan strategi, yang meliputi: a) perumusan strategi, b) penerapan strategi, c) evaluasi strategi.

Kata Kunci: Strategi, Penghimpunan, layanan jemput zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Ali Yafie
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:39
Last Modified: 13 Jan 2023 00:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17020

Actions (login required)

View Item View Item