ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM "ADA SURGA DI RUMAHMU"

Humairo, Ainu (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM FILM "ADA SURGA DI RUMAHMU". Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainu Humairo_T20191254.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Film
Sumber pengetahuan pada zaman sekarang dapat menggunakan film sebagai media pembelajar dan sumber informasi. Melalui film seseorang dapat belajar di mana dan kapan saja. Namun menjadikan film sebagai sumber belajar tentunya juga harus memperhatikan pesan yang terkandung di dalamnya. Salah satu film yang memiliki pesan pendidikan Islam di dalamnya adalah film Ada Surga di Rumahmu. Film tersebut sangat kental akan nilai-nilai pendidikan islam di setiap adegan dan dialog yang diperankan oleh setiap pemainnya.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sebagaimana berikut. 1) Bagaimana nilai-nilai keimanan dalam film Ada Surga di Rumahmu? 2) Bagaimana nilai-nilai ibadah dalam film Ada Surga di Rumahmu? 3) Bagaimana nilai-nilai akhlak dalam film Ada Surga di Rumahmu? 4) Bagaimana nilai-nilai sosial dalam film Ada Surga di Rumahmu?. Tujuan penelitian ini adalah sebagaimana berikut. 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai keimanan dalam film Ada Surga di Rumahmu, 2) Untuk mendeskrisikan nilai-nilai ibadah dalam film Ada Surga di Rumahmu, 3) Untuk mendekripsikan nilai-nilai akhlak dalam film Ada Surga di Rumahmu, 4) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam film Ada Surga di Rumahmu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi kualitatif yang meneliti film Ada Surga di Rumahmu. Jenis penelitian adalah, penelitian semantik yang menggunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Menggunakan metode hermeniotika sebagai metode analisis data dan menggunakan trianggulasi sumber sebagai keabsahan data.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Terdapat adegan dalam film Ada Surga di Rumahmu yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang berimplikasi pada nilai keimanan (tauhid), yang meliputi pujian kepada Allah dan larangan menyekutukan Allah. 2) Terdapat adegan yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang berimplikasi pada nilai ibadah, yang meliputi pengabdian kepada Allah, berzikir dengan bersungguh-sungguh, dan keseimbangan hidup di dunia dan akhirat. 3) Terdapat adegan yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang berimplikasi pada nilai akhlak, yang meliputi sabar, memaafkan orang lain, jujur dalam perbuatan, dan lemah lembut dalam berkomunikasi. 4) Terdapat part/adegan yang mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang berimplikasi pada nilai pendidikam kemasyarakatan (sosial), yang meliputi sikap tanggung jawab (amanah) dan bermusyawarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ainu Humairo
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:34
Last Modified: 13 Jan 2023 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17022

Actions (login required)

View Item View Item