PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBANTUAN INSTAGRAM VIDEO REEL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X IPA DI MA MIFTAHUL HUDA BANYUWANGI TAHUN 2022/2023

Fatmasari, Devi (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBANTUAN INSTAGRAM VIDEO REEL PADA MATERI VIRUS UNTUK SISWA KELAS X IPA DI MA MIFTAHUL HUDA BANYUWANGI TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Devi Fatmasari_T20188004.pdf

Download (11MB)

Abstract

Devi Fatmasari, 2022: Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Biologi Berbantuan Instagram Vdeo Reel pada Materi Virus untuk Siswa Kelas X IPA di MA Miftahul Huda Banyuwangi Tahun 2022/2023.

Kata Kunci: Video, Instagram, Virus

Video animasi pembelajaran biologi materi virus berbantuan instagram video reel merupakan pengembangan dari media pembelajaran berbasis audio visual untuk siswa tingkat SMA/MA. Berdasarkan analisis kebutuhan terhadap siswa, siswa lebih menyukai jenis media pembelajaran yang terdapat gambar dan suara serta lebih semangat apabila menggunakan media pembelajaran berbentuk video berdurasi panjang (lebih 2 menit). Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media pembelajaran video animasi berbantuan instagram video reel pada materi virus untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Huda Banyuwangi.
Tujuan pada penelitian ini adalah: Mendeskripsikan tingkat kevalidan media pembelajaran biologi berupa video animasi berbantuan Instagram pada materi virusuntuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Huda Banyuwangi Tahun 2022/2023. Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran biologi berupa video animasi berbantuan Instagram pada materi virus untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Huda Banyuwangi Tahun 2022/2023.
Penelitian ini merupakan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu: Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas pedoman wawancara, angket atau kuesioner, dan tes. Jenis data kuantitatif berupa hasil analisis angket karakteristik siswa, angket uji respon siswa kelompok kecil dan besar, angket uji validitas ahli media, materi, bahasa dan praktikalitas, hasil penilaian pretest dan posttest siswa, sedangkan data kualitatif berupa hasil wawancara karakteristik kebutuhan materi, kebutuhan media untuk siswa, kebutuhan materi, kebutuhan media untuk guru dan deskripsi komentar dan saran dari instrumen angket.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Uji validitas poroduk memperoleh rata-rata persentase ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli praktikalitas sebesar 90%, 97,05%, 92,7%, dan 92,6% dengan kriteria “Sangat Valid”. 2) uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori “Sangat Valid”. 3) Uji efektivitas propduk menunjukkan bahwa nilai hasil uji coba kelompok besar adalah 94% dengan kriteria “Sangat Valid”. Kemudian untuk hasil penilaian pretest dan posttest siswa mendapatkan hasil rata-rata N-Gain Score sebesar 0,5974 dalam kategori “Sedang” dan nilai persentase N-Gain Score adalah 59,74% dalam tafsiran “Cukup Efektif” sehingga dapat dinyatakan bahwasanya media pembelajaran video animasi berbantuan instagram video reel telah efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Devi Fatmasari
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:08
Last Modified: 12 Jan 2023 09:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17025

Actions (login required)

View Item View Item