PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 BANYUWANGI

Nur Afifa, Aisya (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) BIOLOGI BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X DI MAN 2 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
AISYA NUR AFIFA_T20188027.pdf

Download (28MB)
[img] Text
AISYA NUR AFIFA_T20188027 (1).pdf

Download (28MB)

Abstract

Aisya Nur Afifa, 2022: Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Discovery Learning Untuk Siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Banyuwangi

Kata Kunci : E-Modul, Flip Pdf Corporate, Keanekaragaman Hayati

Modul elektronik merupakan pembelajaran digital yang disusun sistematis digunakan untuk keperluan belajar mandiri. Kelebihannya yaitu bersifat interaktif memudahkan dalam navigasi, memungkinkan dalam menampilkan gambar, vidio, audio serta dilengkapi tes atau kuis formatif
Tujuan penelitian dan pengembangan: 1) Mendeskripsikan Kevalidan Modul Elektronik (E-Modul) Biologi Berbasis Discovery Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas X di MAN 2 Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan Hasil Respon Siswa Terhadap Modul Elektronik (E-Modul) Biologi Berbasis Discovery Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas X di MAN 2 Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan Keefektifan Modul Elektronik (E-Modul) Biologi Berbasis Discovery Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa Kelas X di MAN 2 Banyuwangi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D model ADDIE terdiri dari: Analisis, Design, Develoment, Implementation, dan Evaluation. Subjek validasi produk dilakukan dengan tim ahli bahasa, ahli materi, ahli media, dan guru biologi. Uji kemenarikan menggunakan angket respon siswa, dan untuk mengukur keefektivitas peneliti menggunakan one-group pretest-posttest design, hasil perlakuan diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, validasi, wawancara dan soal tes.
Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa 1) Hasil analisis ahli bahasa memperoleh rata-rata 91,3% yang tergolong sangat valid, ahli materi dengan rata-rata 90,3% yang tergolong sangat valid, ahli media mencapai nilai rata-rata 91,7% yang tergolong sangat valid, dan guru biologi mencapai nilai rata-rata 82,1% yang tergolong sangat valid. Berdasarkan hasil analisis tersebut e-modul telah memenuhi aspek kevalidan untuk digunakan dalam proses pembelajaran.2) Uji respon siswa dihasilkan skor rata-rata 91,9% dengan kategori sangat menarik, untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar mendapat rata-rata 91,45% dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil uji respon siswa tersebut e-modul telah memenuhi keefektifan dengan membandingkan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan 3) Uji Paired Sample T Test menggunakan SPSS menunjukkan nilai sig kecil dari 0,05. Perhitungan N-Gain diperoleh skor sebesar 80,2 maka dapat dikategorikan bahan ajar e-modul biologi efektif. Berdasarkan hasil perhitungan uji t-test dan N-Gain dengan membandingkan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, e-modul dapat dinyatakan memenuhi keefektifan dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060203 Ecological Physiology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Aisya Nur Afifa
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:14
Last Modified: 12 Jan 2023 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item