Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Bank BRI Kantor Cabang Jember)

Firdatus Sa`idah, Amila (2023) Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Bank BRI Kantor Cabang Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMILA FIRDATUS REVISI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amila Firdatus Sa’idah, Dr. Moh. Haris Balady, S.E., M.M: Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Nasabah Menggunakan Mobile Banking ada Masa Pandemi (Studi Kasus Bank BRI Kantor Cabang Jember).
Di era globaisasi ini, perkembangan teknologi berkembang sangat pesat dan cepat. Hampir disegala sektor menggunakan teknologi informasi baik didunia pendidikan maupun dunia pekerjaan. Dalam dunia bisnis juga memanfaatkan adanya teknologi sehingga banyak perusahaan terus berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan teknologi salah satunya ialah lembaga perbankan yang selalu cepat dalam mengambil tindakan untuk menjadikan embaga terbaik dan meoyalitaskan nasabahnya dengan memudahkan untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan aplikasi BRImo (BRI Mobile Banking).
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah pengaruh manfaat terhadap kepuasan nasabah menggunakan Mobile Banking pada masa pandemi di Bank BRI Kantor Cabang Jember?, (2) Apakah pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan nasabah menggunakan Mobile Banking pada masa pandemi di Bank BRI Kantor Cabang Jember?, (3) Apakah pengaruh kemudahan terhadap kepuasan nasabah menggunakan Mobile Banking pada masa pandemi di Bank BRI Kantor Cabang Jember?, (4) Apakah pengaruh manfaat, kepercayaan, dan kemudahan terhadap kepuasan nasabah menggunakan Mobile Banking ada masa pandemi di Bank BRI Kantor Cabang Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pengaruh manfaat kepercayaan, dan kemudahan terhadap kepuasan nasabah menggunakan Mobile Banking pada masa pandemi di Bank BRI Kantor Cabang Jember. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian simple random sampling. Metode yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan anaisis regresi linier berganda.
Berdasarkan uji t variabel manfaat tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan menggunakan Mobile Banking, sedangkan variabel kepercayaan, dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan menggunakan Mobile Banking. Berdasarkan hasil uji f (simultan) variabel manfaat, kepercayaan, dan kemudahan memiliki pengaruh signifikan positif secara bersama-sama dan memiliki hubungan determinasi terhadap kepuasan menggunakan Mobile Banking. Semakin besar manfaat, kepercayaan dan kemudahan yang diperoleh nasabah maka semakin besar pula kepuasan nasabah nasabah menggunakan Mobile Banking dari Bank BRI.
Kata Kunci : Manfaat, kepercayaan, kemudahan, Mobile Banking, dan BRImo

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Amila Firdatus Sa'idah Amila Firdatus Sa'idah
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:03
Last Modified: 13 Jan 2023 00:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17032

Actions (login required)

View Item View Item