Strategi Pengelolaan Dana pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember

Aliridho, Wahyudi (2023) Strategi Pengelolaan Dana pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
WAHYUDI ALIRIDHO_E20184036.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Wahyudi Aliridho, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2022: Strategi Pengelolaan Dana Pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember.
BWM adalah LKMS yang berdiri atas izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), badan hukum BWM adalah koperasi, dan memiliki tujuan untuk memberikan akses permodalan atau pembiayaan kepada masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki akses ke lembaga keuangan formal.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana strategi pengelolaan dana pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember? 2) Bagaimana kendala dalam pengelolan dana Bank Wakaf Mikro (BWM), Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember? 3) Bagaimana solusi dari kendala dalam pengelolaan dana Bank Wakaf Mikro (BWM) , Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui strategi pengelolaan dana pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Al-Falah, Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui kendala dalam pengelolan dana Bank Wakaf Mikro (BWM), Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember. 3) Untuk mengetahui solusi dari kendala dalam pengelolaan dana Bank Wakaf Mikro (BWM) , Karangharjo, Silo, Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualiatatif deskripstif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, serta teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu 1) pengelolaan dana pada BWM Al-Falah memiliki 4 fungsi yaitu a) Perencanaan (planning) b) Pengorganisasian (organizing), c) Pengarahan (actuacting) d) Pengawasan (controlling) 2) Kendala yang di alami oleh BWM Al-Falah dalam pengelolaan dana yaitu a). Lembaga, kendala pada lembaga BWM Al-Falah yaitu kurangnya dana, pada BWM Al-Falah tidak diperkenankan menghimpun dana wakaf dari pihak lain. b) Nasabah, kendala nasabah masih sering telat dan juga sesekali pada nasabah yaitu tidak hadir dalam kegiatan HALMI, kurang kompaknya nasabah, sehingga kendala ini masih menjadi kendala dalam menjalankan pengelolaan yang baik. 3) Ada beberapa kendala dalam pengelolaan dana pada BWM Al-Falah, adapun terkait solusi dari kendala pengelolaan dana pada BWM Al-Falah diantaranya, a) lembaga, solusi pada kendala lembaga yaitu menanggapi keluhan masyarakat yang ingin mewakafkan hartanya di BWM, pihak pengelola BWM akan memberikan pemahaman lebih lanjut sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing lembaga. b) Nasabah, dari hasil temuan di lapangan dari hasil temuan di lapangan dapat di ketahui solusi dalam menghadapi nasabah yang masih kurang kompak supervisor BWM mengajak nasabah bermain tebak tebakan atau game, dengan tujuan membangun kekompakan pada kelompok.

Kata Kunci: Pengelolaan, Kendala, Solusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Wahyudi Aliridho
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:50
Last Modified: 13 Jan 2023 00:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17036

Actions (login required)

View Item View Item