Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas X Di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember

Ratna Dewy, Elysa (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas X Di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELYSA RATNA DEWY_T20181434.pdf

Download (3MB)

Abstract

Elysa Ratna Dewy, 2022: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa Kelas X Di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Media Sosial, Siswa
Adanya dampak negatif dari penggunaan media sosial yang semakin hari semakin pesat seiring dengan perkembangan zaman modern dan teknologi yang mengakibatkan penggunanya melakukan penyalahgunaan terkait dengan media sosial terutama dikalangan peserta didik. Melihat kondisi yang demikian sangat diperlukan upaya untuk mencegah dampak penggunaan media sosial terhadap siswa sebelum terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.
Fokus penelitiannya yaitu: (1) Bagaimana Upaya Guru PAI Sebagai informator dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial siswa kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember? (2) Bagaimana Upaya Guru PAI sebagai motivator dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial siswa kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember? (3) Bagaimana Upaya Guru PAI sebagai fasilitator dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial siswa kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Media Sosial Siswa kelas X Di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember.
Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tahap penelitiannya, yaitu: pra lapangan, pelaksanaan, dan analisis data.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Upaya Guru PAI sebagai informator dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial siswa kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember, terdiri dari beberapa langkah yaitu a). guru memberikan informasi dampak positif dan negatif media sosial. b). guru melakukan kerjasama dengan orang tua siswa. c).Menghimbau dan meminimalisir penggunaan media sosial siswa. (2) Upaya Guru PAI sebagai motivator dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial Siswa Kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember, terdiri dari beberapa langkah antara lain: a). Memberikan nasehat dan bimbingan b). Mengadakan pembiasaan keagamaan c). Memberikan hukuman atau sanksi. (3) Upaya Guru PAI sebagai fasilitator dalam mencegah dampak negatif penggunaan media sosial Siswa Kelas X di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember, terdiri dari beberapa langkah antara lain: a.) Memberikan hafalan dan menciptakan suasana pembelajaran yang demokratis serta menyenangkan b.) Membiasakan budaya membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elysa Ratna Dewy
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:20
Last Modified: 13 Jan 2023 00:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17039

Actions (login required)

View Item View Item