Penerapan sistem akuntansi pada restrukturisasi pembiayaan murabahah bermasalah di BMT NU cabang jenggawah Jember

Riskiya, Izzati Eka (2023) Penerapan sistem akuntansi pada restrukturisasi pembiayaan murabahah bermasalah di BMT NU cabang jenggawah Jember. Other thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
skripsi izzati eka riskiya WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Izzati Eka Riskiya, M. F. Hidayatullah, 2023: “Penerapan Sistem Akuntansi Pada Restrukturisasi Pembiayaan Murabahah Bermasalah Di BMT NU Cabang Jenggawah Jember”.

Kata Kunci: Sistem Akuntansi, Restrukturisasi Pembiayaan, murabahah bermasalah.

Baitul Maal Wat Tanwil Nuansa Umat (BMT NU) Cabang Jenggawah Jember ialah salah satu dari sekian banyaknya koperasi syariah yang berada di Indonesia. BMT NU melayani beragam produk pembiayaan dan tabungan. Produk pembiayaan antara lain, murabahah, mudharabah, musyarakah, ranh/gadai, dan pembiayaan tanpa jaminan. Selain produk pembiayaan juga melayani produk tabungan di antara lain simpanan anggota, simpanan berjangka wadiah, simpanan pendidikan, simpanan berjangka mudharabah, simpanan haji dan umrah, simpanan lebaran, tabungan mudharabah, dan tabungan ukhwari.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan sistem akuntansi pada restrukturisasi pembiayaan murabahah bermasalah (studi kasus BMT NU Cabang Jenggawah Jember)?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan sistem akuntansi pada restrukturisasi pembiayaan murabahah bermasalah (studi kasus BMT NU Cabang Jenggawah Jember)
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem akutansi pada restrukturasi pembiayaan murabahah bermasalah di BMT NU cabang Jenggawah dapat dilihat dari penjurnalan resktrukturasi pembiayaan murabahah, dimana dalam penerapannya penjurnalan pada restrukturasi hanya mencatat sisa pokok nasabah, kas, pengurangan margin dan memeperkecil angsuran. Sistem akutansi yang dilakukan oleh BMT NU cabang Jenggawah sebagian telah sesuai dengan PSAK 102. Penerapan yang telah sesuai dengan PSAK 102 diantaranya pada tahap pengakuan dan asset murabahah, piutang murabahah, keuntungan murabahah, potongan angsuran murabahah, penyajian murabahah, keuntungan murabahah, dan keuntungan murabahah tangguhan sedangkan pada tahap penyajian, sebagian terdapat ketidaksesuaian dengan PSAK 102.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Depositing User: Ms Izzati eka Riskiya
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:16
Last Modified: 13 Jan 2023 00:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item View Item