Peran pegadaian syariah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat (studi kasus pegadaian syariah cabang Jember Desa Kepatihan Kecamatan Kaliwates

Nuha, Ulin (2023) Peran pegadaian syariah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat (studi kasus pegadaian syariah cabang Jember Desa Kepatihan Kecamatan Kaliwates. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULIN NUHA WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ulin Nuha, Dr. H. Abdul Wadud Nafis, Lc., M.E.I 2022: Peran Pegadaian Syariah Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus Pegadaian Syariah Cabang Jember Desa Kepatihan Kecamatan Kaliwates)

Lembaga pegadaian merupakan sebuah lembaga keuangan formal di Indonesia, yang bertugas menyalurkan pembiayaan dengan bentuk pemberian uang pinjaman kepada masyarakat yang membutuhkan berdasarkan hukum gadai. Pegadaian syariah memberikan peranan dalam perekonomian di Indonesia, pegadaian syariah cocok untuk menunjang pertumbuhan UMKM di Indonesia. Oleh karena itu kontribusi dari pegadaian syariah dalam menggerakan ekonomi terutama bagi sektor UMKM sangat diharapkan.
Fokus penelitian yang diteliti skripsi ini adalah : 1. Bagaimana Peran Pegadaian Syariah Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Kaliwates? 2. Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Pegadaian Syariah Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Kaliwates?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui peran pegadaian syariah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kaliwates. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pegadaian syariah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kecamatan Kaliwates.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseacrh). Sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Demikian peneliti memperoleh kesimpulan, 1. Pegadaian Syariah Cabang Jember sangat berperan penting dalam membantu ekonomi masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Kaliwates yang memiliki perekonomian menengah kebawah ataupun masyarakat yang meiliki usaha yang jelas dan usahanya betul-betul membutuhkan modal kerja. 2. Faktor pendukung Pegadaian Syariah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kecamatan Kaliwates yaitu lokasi dan pelayanannya sangat menentukan bagi nasabah untuk melakukan transaksi gadai. Sedangkam faktor penghambat Pegadaian Syariah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat yaitu kurangnya kesadaran dan kepercayaan masyarakat untuk turut andil dalam memajukan Pegadaian Syariah Cabang Jember.
Kata Kunci: Pegadaian Syariah, Ekonomi Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ulin Nuha Ulin Nuha
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:05
Last Modified: 13 Jan 2023 00:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item View Item