Kualitas pelayanan pada kepuasan nasabah di Badan Kredit Desa (BKD) Tanjung Glugur Situbondo

Khoiriyah, Maftuhatul (2023) Kualitas pelayanan pada kepuasan nasabah di Badan Kredit Desa (BKD) Tanjung Glugur Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI MAFTUHATUL KHOIRIYAH watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak
Maftuhatul Khoiriyah, Dr. Nurul Widyawati IR, S.Sos, M.Si 2022 : Kualitas
Pelayanan Pada Kepuasan Nasabah BKD Tanjung Glugur.
Sebagai salah satu lembaga keuangan Syariah, BKD mempunyai peluang untuk berkembang dan bersaing dengan lembaga keuangan lainnya. Keberadaan BKD diharapkan dapat membawa perubahan pada sistem ekonomi masyarakat yang lebih baik lagi. Dengan hal tersebut, BKD diharuskan memiliki kualitas pelayanan pada kepuasan nasabah.
Adapun fokus pada penelitian ini adalah Bagaimana kualitas pelayanan BKD Tanjung Glugur terhadap kepuasan nasabah? Dan apa saja kendala kualitas pelayanan BKD Tanjung Glugur?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kualitas pelayanan BKD Tanjung Glugur terhadap kepuasan nasabah. Dan Untuk mendeskripsikan kendala kualitas pelayanan BKD Tanjung Glugur.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang merupakan suatu prosedur dimana peneliti melakukan penelitian dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa secara umun kualitas pelayanan pada kepuasan nasabah di BKD Tanjung Glugur dipandang sangat baik dan sangat memuaskan faktor-faktor yang mendukung kualitas BKD Tanjung Glugur menjadi baik dimata masyarakat adalah: Bukti Fisik (tangible), Kehandalan (reliability), Ketanggapan (Responsiviness), Jaminan dan Kepastian (Assurance), Empati (empathy). Akan tetapi peningkatan pelayanan masih harus ditingkatkan lagi, untuk menjadi kualitas yang lebih baik lagi, sehingga BKD Tanjung Glugur menjadi bank konvensional pertama yang diminati masyarakat sekitarnya.
Kata Kunci: Kepuasan nasabah, Kualita, Layanan, Kualitas pelayanan, Kendala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Depositing User: Mrs Maftuhatul Khoiriyah
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:07
Last Modified: 13 Jan 2023 00:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17048

Actions (login required)

View Item View Item