Analisis Persaingan Bisnis Dengan Branding Dan Diversifikasi Horizontal Di UMKM Legendaris Koka Jember

Fitria, Lailatul (2023) Analisis Persaingan Bisnis Dengan Branding Dan Diversifikasi Horizontal Di UMKM Legendaris Koka Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Fitria_NIM E20182020_ES.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatu Fitria, Rini Puji Astuti, S.KOM. M.Si., 2022: Analisis Persaingan Bisnis Dengan Branding Dan Diversifikasi Horizontal Di UMKM Legendaris Koka Jember.
Persaingan bisnis merupakan persaingan antar individu, kelompok atau para pelaku bisnis yang sama-sama berusaha menunjukkan keunggulan produk yang dimiliki untuk memperoleh keuntungan, jumlah penjualan dan menarik minat beli konsumen.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana persaingan bisnis dengan branding di UMKM Legendaris Koka Jember? 2) Bagaimana persaingan bisnis dengan diversifikasi horizontal di UMKM Legendaris Koka Jember.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui persaingan bisnis dengan branding dan diversifikasi di UMKM Legendaris Koka Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneilitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penilitian deskriptif, menganalisis persaingan bisnis dengan brading dan diversifikasi horizontal di UMKM Legendaris Koka Jember. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi non partisipan, wawancara semi struktur dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) UMKM Legendaris Koka Jember menerapkan branding dalam menghadapi persaingan bisnis. Penerapan branding dilakukan dengan membangun identitas usaha, pembuatan logo, membuat desain kemasan, membuat jargon, membuat brosur atau katalog produk. Memperkenalkan hasil produksi secara online dan offline. Dengan menerapkan branding, hasil produksi UMKM Legendaris Koka Jember bisa dikenali oleh masyarakat secara luas, memasarkan produk hingga luar Kota Jember dan mampu menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Penerapan branding berjalan dengan baik, meskipun masih ada kendala yang dialami, yaitu seperti kurang maksimal dalam memanfaatkan media sosial. 2) UMKM Legendaris Koka Jember juga menerapkan diversifikasi horizontal dalam menghadapi persaingan. Dengan menerapkan diversifikasi horizontal, UMKM Legendaris Koka dapat menghadapi persaingan dengan kompetitor lain, UMKM Legendaris Koka terus mengalami peningkatan penjualan dan pesanan secara khusus. Penerapan diversifikasi berjalan dengan baik, meskipun masih ada kendala pada mesin produksi yang kurang canggih dan tempat produksi yang belum memadai.

Kata kunci: Persaingan Bisnis, Branding, Diversifikasi Horizontal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lailatul Fitria Fitri
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:55
Last Modified: 13 Jan 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item