Implementasi Peraturan Bupati Nomor 90 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga di Kabupaten Jember

Eliya Rohmah, Inda (2022) Implementasi Peraturan Bupati Nomor 90 Tahun 2021 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDI ELIYA ROHMAH_S20183109 (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Kebijakan, Pengelolaan, Sampah.

Pengelolaan sampah merupakan rangkaian kegiatan yang sistematis, terstruktur dan dilaksanakan terus menerus yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Pengelolaan sampah harus diselenggarakan sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria agar tercipta kualitas lingkungan yang baik dan sehat. Maka dalam penyusunan skripsi akan meneliti tentang implementasi kebijakan pengelolaan sampah khususnya sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga di Kabupaten Jember dalam mengatasi permasalahan lingkungan
hidup.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Jember dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup?; 2) Bagaimanakah upaya pemerintah daerah sebagai penyelenggara pemerintahan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Jember?
Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) Untuk mengkaji proses pelaksanaan kebijakan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Jember; dan 2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember dalam memulihkan lingkungan akibat permasalahan sampah.
Jenis penelitian dalam skripsi ini yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan konseptual. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan wawancara sehingga keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dalam penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Proses implementasi pengelolaan sampah sudah berjalan namun belum terlaksana secara baik karena rendahnya kesadaranmasyarakat, rendahnya optimalisasi pada tempat pemrosesan akhir, kurangnya sarana dan prasana. 2) Upaya yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember dalam memeulihkan lingkungan akibat sampah yaitu dengan membentuk peraturan daerah, melaksanakan sosialisasi dan melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180111 Environmental and Natural Resources Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: inda eliya rohmah
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:32
Last Modified: 13 Jan 2023 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item View Item