Pengembangan Media Pembelajaran Website WIX Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII SMP/MTs

Firdaus, Amelia (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Website WIX Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Amelia Firdaus_T201810029.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran website WIX berbasis TPACK dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di SMPN 5 Jember. Sejauh ini, dalam proses pembelajaran guru belum memanfaatkan sarana dan prasarana dengan optimal. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru lebih banyak menggunakan media pembelajaran non digital. Seiring dengan perkembangan teknologi, guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh temuan mengenai kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, diantaranya dalam proses pembelajaran IPA yang memiliki karakteristik materi abstrak, salah satunya adalah lapisan bumi. Sebagai upaya pemecahan masalah maka diperlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi yang bersifat abstrak. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran website WIX diharapkan dapat memvisualisasikan materi pembelajaran dan mempermudah siswa dalam memahami materi lapisan bumi sesuai dengan keragaman gaya belajar.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran website WIX berbasis TPACK pada materi lapisan Bumi di SMPN 5 Jember yang dikembangkan; (2) Mendeskripsikan hasil uji respons siswa terhadap media pembelajaran website WIX berbasis TPACK pada materi lapisan Bumi kelas VII di SMPN 5 Jember yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model Plomp. Namun penelitian ini hanya terbatas sampai Validasi, uji coba dan revisi, tidak sampai pada tahap implementasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skoring yang diberikan oleh validator dan siswa, sedangkan analisis kualitatif diperoleh dari komentar yang diberikan oleh validator dan siswa. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 dosen UIN KHAS Jember sebagai ahli materi dan ahli media, 1 guru IPA sebagai pengguna serta uji respons dilakukan pada 33 siswa kelas VII B SMPN 5 Jember.
Hasil validasi dari ahli materi diperoleh nilai persentase sebesar 98,3%, ahli media sebesar 100% dan guru IPA sebesar 96, 8%. Dari ketiga validator diperoleh rata-rata sebesar 98,36%, sehingga menurut hasil validasi, produk termasuk pada kriteria sangat valid. Hasil uji respons siswa diperoleh persentase nilai sebesar 96,6% untuk uji coba skala kecil dan 97,1% untuk uji coba skala besar.
Kata kunci : WIX, TPACK, Lapisan Bumi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040199 Atmospheric Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Amelia Firdaus
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:31
Last Modified: 12 Jan 2023 09:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17063

Actions (login required)

View Item View Item