Analisis Perilaku Pedagang dalam Transaksi Jual Beli Ikan Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Pedagang Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Lekok Pasuruan)

Hudai, Biyah (2023) Analisis Perilaku Pedagang dalam Transaksi Jual Beli Ikan Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Pedagang Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Lekok Pasuruan). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HUDAIBIYAH_E20182017.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Hudaibiyah, Muhammad Saiful Anam, M.Ag, 2023. Analisis Perilaku Pedagang dalam Transaksi Jual Beli Ikan Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Pedagang Ikan di Tempat Pelelangan Ikan Lekok Pasuruan)
Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lekok Pasuruan merupakan salah satu TPI di Kabupaten Pasuruan yang kegiatan jasa timbangnya masih berjalan. Namun tidak menutup kemungkinan bagi para pedagang dalam Transaksi jual beli nya melakukan kecurangan untuk mendapatkan keuntungan. Dari banyaknya pedagang ikan yang ada di TPI Lekok Pasuruan tentu tidak semuanya mempunyai perilaku yang sesuai dengan prinsip berdagang dalam Islam.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) Bagaimana perilaku pedagang dalam Transaksi jual beli ikan di TPI Lekok Pasuruan secara umumnya. 2) Bagaimana perilaku pedagang dalam Transaksi jual beli ikan di TPI Lekok Pasuruan ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perilaku pedagang dalam transaksi jual beli ikan di TPI Lekok Pasuruan secara umum. 2) Untuk mengetahui perilaku pedagang dalam transaksi jual beli ikan di TPI Lekok Pasuruan jika ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (data conclusion).
Hasil penelitian ini adalah 1) Perilaku pedagang secara umum dalam transaksi jual beli ikan menerapkan sistem utang piutang kepada nelayan, dimana para pedagang memberikan modal kepada nelayan untuk melaut. Dan perilaku pedagang di TPI Lekok Pasuruan tersebut dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu penetapan harga, kualitas produk, takaran timbangan, pelayanan yang baik, dan juga persaingan sesama pedagang. 2) Perilaku pedagang TPI Lekok Pasuruan dalam transaksi jual beli ikan ditinjau dari kelima prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran sudah terimplementasi dengan baik, akan tetapi masih ada pedagang yang melakukan kecurangan serta perdagangan yang tidak sesuai dengan prinsip Islam.

Kata kunci : Perilaku Pedagang, Transaksi Jual Beli, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Hudai Biyah
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:26
Last Modified: 13 Jan 2023 00:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17070

Actions (login required)

View Item View Item