Strategi Gabungan Kelompok Tani Serbaguna Dalam Memberdayakan Petani di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara

Chodijah, Siti Nurul (2023) Strategi Gabungan Kelompok Tani Serbaguna Dalam Memberdayakan Petani di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI NURUL CHODIJAH_D20182003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertanian menjadi salah satu sumber mata pencaharian dan pembangunan bagi perekonomian negara, akan tetapi di Kalimantan Timur di Desa Manunggal Jaya pekerjaan pertanian menjadi ancaman akan menghilang karena besarnya perkembangan pertambangan yang ada di Desa Manunggal Jaya. Persawahan yang dikelilingi oleh tambang juga mendapat beberapa dampak negatif bagi hasil pertanian. Gabungan kelompok tani Serbaguna adalah salah satu kelompok masyarakat yang ditunjuk menjadi jembatan fasilitator bagi para petani yang ada di Desa Manunggal Jaya. Program yang dilakukan gabungan kelompok tani Serbaguna dan para petani adalah bentuk pemberdayaan dalam mengembangan pertanian dan mempertahankan pertanian di Desa Manunggal Jaya.
Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu: 1. Bagaimana Strategi pemberdayaan Gabungan Kelompok Tani Serbaguna Kepada Petani Di Desa Manunggal Jaya. 2. Bagaimana Proses Pemberdayaan Gabungan Kelompok Tani Kepada Petani Di Desa Manunggal Jaya. Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui Strategi Pemberdayaan Gabungan Kelompok Tani Serbaguna kepada petani di Desa Manunggal Jaya. 2. Mengetahui proses pemberdayaan yang dilakukan Gabungan Kelompok Tani Serbaguna dalam memberdayakan petani di Desa Manunggal Jaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (deskriptif) dan subyek penelitiannya menggunakan metode Purposivesampling melalu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi tehnik, triangulasi waktu dengan menggunakan model analisis Sugiyono.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti dalam pemberdayaan gabungan kelompok tani Serbaguna kepada petani yaitu Gabungan Kelompok Tani mengerjakan semua program yang juga diawasi oleh penyuluh pertanian di Desa Manunggal Jaya. Sesuai dengan hasil observasi program pemberdayaan tersebut tidak dapat dirasakan oleh setiap petani atau tidak merata dilaksanakan karena minimnya skill petugas pertanian dan ketersediaan fasilitas. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: strategi gabungan kelompok tani dalam memberdayakan petani meliputi: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengembangan Kelembagaan Kelompok, Pemupukan Modal Masyatakat, Pengembangan Usaha Produktif, dan Penyediaan Informasi Tepat Guna. Adapun dalam proses pemberdayaan menggunakan teori Soekanto meliputi tujuh tahapan pemberdayaan. Akan tetapi pada hasil penelitian ini menggunakan enam tahapan pemberdayaan saja.
Kata Kunci:Strategi, Gabungan Kelompok Tani, Pemberdayaan Petani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Miss Siti Nurul Chodijah
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:02
Last Modified: 13 Jan 2023 00:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item