TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM PIDANA ISLAM ATAS KELALAIAN PENGEMUDI PEMADAM KEBAKARAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENYEBABKAN HILANGNYA NYAWA PENGENDARA LAIN

Raka Siwi, Mukson Sayuti (2022) TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM PIDANA ISLAM ATAS KELALAIAN PENGEMUDI PEMADAM KEBAKARAN TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENYEBABKAN HILANGNYA NYAWA PENGENDARA LAIN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUKSON SAYUTI RAKA SIWI_S20184051.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mukson Sayuti Raka Siwi, 2022: Tinjauan Hukum Positif Dan Hukum Pidana Islam Atas Kelalaian Pengemudi Pemadam Kebakaran Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas Yang Menyebabkan Hilangnya Nyawa Pengendara Lain.

Kata Kunci : Hukum Positif, Hukum Pidana Islam, Pemadam Kebakaran, Hilangnya Nyawa.

Kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi pemadam kebakaran atas kelalaiannya serta mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain tentu menjadi kasus kecelakaan yang dapat membuat dualisme hukum dalam penerapan pertanggungjawaban pidana terhadap pengemudi pemadam kebakaran, karena berdasarkan KUHP pasal 359 dan pasal 310 UU No.22/2009 maka relawan dikenakan sanksi pidana dikarenakan tindakannya yang menghilangkan nyawa seseorang meskipun dalam keadaan lalai, akan tetapi berdasarkan UU No. 22/2009 pasal 134 disebutkan bahwa ada tujuh kendaraan yang memiliki hak utama untuk didahulukan salah satunya adalah mobil pemadam kebakaran..
Fokus penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana tinjauan hukum positif terhadap bentuk pertanggung jawaban pidana pengemudi pemadam kebakaran atas kelalaiannya sehingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan hilangnya nyawa pengendara lain; 2). Bagaimana tinjauan hukum pidana islam terhadap bentuk pertanggung jawaban pidana pengemudi pemadam kebakaran atas kelalaiannya sehingga mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dan hilangnya nyawa pengendara lain. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Untuk Mengetahui mengetahui tinjauan hukum positif terhadap bentuk pertanggung jawaban pidana pengemudi pemadam kebakaran atas kelalaiannya sehingga mengakibatkan kecelakaan dan meninggalnya pengguna jalan lain; 2). Untuk mengetahui tinjauan hukum pidana islam terhadap pertanggung jawaban pidana pengemudi pemadam kebakaran atas kelalaiannya sehingga mengakibatkan kecelakaan dan hilangnya nyawa pengendara lain.
Kategori penelitian adalah kepustakaan atau library research, yuridis-normatif sebagai sifat dari penelitian ini. penelitian ini didasarkan pada penggalian terhadap data sekunder yang diklasifikan dalam bahan hukum primer, sekunder dan tersier dengan tekhnik analisis data deskriptif dan keabsahan data melalui triangulasi sumber.
Dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan2 hal, yaitu: 1). Pengemudi truk pemadam kebakaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan meninggalnya pemakai jalan lain berdasarkan kelalainnya dapat dikenakan Pasal 359 KUHP Jo. Pasal 310 ayat 4 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atas tindakannya; 2). Tindakan menghilangkan nyawa seseorang dalam kasus kecelakaan truk pemadam kebakaran berdasarkan kelalaiannya menurut hukum islam digolongkan pada pembunuhan tidak sengaja dan dikenakan sanksi pidana berupa pembayaran diyat 100 ekor unta dan ta’zir yang ditentukan oleh penguasa setempat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hukum Positif, Hukum Pidana Islam, Pemadam Kebakaran, Hilangnya Nyawa
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180121 Legal Practice, Lawyering and the Legal Profession
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180123 Litigation, Adjudication and Dispute Resolution
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Mr Raka Siwi Mukson Sayuti
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:20
Last Modified: 13 Jan 2023 01:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item