Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2021/2022

Hamzanwadi S., Adnil Nektah Laudhia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ADNIL NEKTAH HAMZANWADI_T20189032.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: penerapan model scramble, Pembelajaran IPS

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung dari motivasi pelajar dan kreatifitas pengajar. Model pembelajaran adalah suatu pola yang digunakan untuk pedoman dalam merencanakan pembelajaran di dalam kelas. Sebagai seorang guru harus bisa memilih model pembelajaran yang tepat untuk siswa. Salah satu solusi model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran scramble.

Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Negeri jember 1 Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran scramble pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2021/2022?

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Jember 1 dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, membuat kartu soal dan kartu jawaban, menganalisis materi, dan menentukan media dan sumber belajar. 2) Pelaksanaan model pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Jember 1 terdapat beberapa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru yaitu: pendahuluan, inti, dan penutup. 3) Evaluasi model pembelajaran scramble pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri Jember 1 menggunakan penilaian autentik, penilaian ini dilakukan dalam dua bentuk yaitu (a) menilai hasil mengerjakan kartu soal, dan (b) menilai aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran scramble dengan instrumen penilaian aktivitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs. Adnil Nektah Laudhia Hamzanwadi Sudarso
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:01
Last Modified: 12 Jan 2023 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item