Penghasilan Content Creator Youtube Dengan Menggunakan Foto Orang Lain Sebagai Thumbnail Menurut Tinjauan Fiqih Muamalah

Sulastri, Sulastri (2023) Penghasilan Content Creator Youtube Dengan Menggunakan Foto Orang Lain Sebagai Thumbnail Menurut Tinjauan Fiqih Muamalah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sulastri_S20182028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sulastri, 2022: Penghasilan Content Creator Youtube dengan Menggunakan Foto Orang Lain Sebagai Thumbnail Menurut Tinjauan Fiqih Muamalah.
Kata kunci : Monetisasi Youtube, Akad Syirkah, Thumbnail
Youtube merupakan website yang memfasilitasi penggunanya untuk menonton video, dan berbagi video secara gratis. Content creator youtube memanfaatkan youtube untuk mendapatkan penghasilan dengan cara menautkan iklan dalam video dengan cara bekerjasama dengan google adsense. Foto termasuk salah satu ciptaan yang dilindungi dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dalam praktiknya, beberapa content creator youtube menggunakan foto orang terkenal yang diambil secara bebas dari situs internet penyedia gambar sebagai thumbnail pada videonya. Penggunaan thumbnail yang menarik dengan menggunakan foto orang lain, akan mengundang penonton untuk menonton. Sehingga dapat dikatakan bahwa content creator mendapatkan keuntungan penghasilan dari penggunaan foto orang lain tersebut. Berdasarkan penjelasan diatas penghasilan content creator youtube menggunakan foto orang lain yang dijadikan sebagai thumbnail perlu dikaji apakah telah sesuai dengan syariat islam.
Fokus kajian 1) Bagaimana mekanisme penghasilan content creator youtube dari hasil kerja sama dengan Google Adsense ? 2) Bagaimana akad kerjasama dalam memperoleh penghasilan bagi content creator youtube fiqih muamalah ? 3) Bagaimana penghasilan content creator youtube dengan menggunakan foto orang lain sebagai thumbnail menurut fiqih muamalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui mekanisme penghasilan content creator youtube dari hasil kerja sama dengan Google Adsense. 2) Bagaimana akad kerjasama dalam memperoleh penghasilan bagi content creator youtube fiqih muamalah 3) Untuk mengetahui penghasilan content creator youtube dengan menggunakan foto orang lain sebagai thumbnail menurut fiqih muamalah.
Metode penelitian menggunakan hukum normatif-empiris dengan pendekatan undang-undang. Apapun sumber primer dari penelitian ini yaitu buku, jurnal, website youtube, al quran dan penelitian lainnya yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Sumber sekunder yakni wawancara kepada content creator youtube.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Mekanisme penghasilan content creator youtube dari hasil kerjasama dengan google adsense diawali dengan monetisasi youtube. Apabila monetisasi diterima, content creator youtube akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditautkan dalam video. 2) Akad antara content creator youtube dengan google adsense dalam hal mengiklankan sebuah produk merupakan akad syirkah abdan yang sesuai dengan syariat islam. Pengambilan foto berhak cipta disertai lisensi termasuk melakukan syirkah abdan sehingga timbul hybrid contract (akad sejenis) yang hukumnya boleh. 3) Penghasilan content creator youtube haram apabila content creator youtube menggunakan foto orang dengan tanpa lisensi. Sedangkan penghasilan content creator youtube halal apabila content creator youtube menggunakan foto orang lain yang tidak memiliki hak cipta atau foto orang berhak cipta disertai lisensi sebagai thumbnail.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
Depositing User: Sulastri Sulastri Sulastri
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:49
Last Modified: 13 Jan 2023 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item View Item