Strategi Diversifikasi Produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang

Junaidi, Ahmad (2022) Strategi Diversifikasi Produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD JUNAIDI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Memasuki dunia industri yang semakin berkembang pada saat ini membuat persaingan antar pelaku bisnis semakin kuat. Adanya persaingan memaksa pemilik bisnis untuk mencari solusi terkait dengan strategi yang baik bagi usaha yang dikelolanya. Strategi diversifikasi produk merupakan upaya yang dilakukan produsen untuk membuat produk dengan bahan dasar sama yang beragam, baik dari ragam bentuk, ukuran, rasa, dan kemasan. Kegiatan yang dilakukan dalam menambah keragaman produk yaitu membuat tambahan jenis produk baru dari produk sudah ada dengan bahan dasar yang sejenis. Melalui penerapan strategi diversifikasi produk, UD. Winna Sari tidak akan bergantung pada satu jenis produknya saja, tetapi juga dapat mengandalkan ragam produk yang lainnya.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi diversifikasi produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang?. 2) Apa saja kendala dalam pelaksanaan strategi diversifikasi produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang?. 3) Apa solusi yang dapat dilakukan berdasarkan kendala-kendala dalam pelaksanaan strategi diversifikasi produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang?.
Tujuan peneletian ini adalah : 1) Untuk mengetahui strategi diversifikasi produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan strategi diversifikasi produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. 3) Untuk mengetahui solusi yang dapat dilakukan berdasarkan kendala-kendala dalam pelaksanaan strategi diversifikasi produk di UD. Winna Sari Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Tujuannya untuk memberi gambaran lengkap, meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang telah dikumpulkan di UD Winna sari. Subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Analisis dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan menggunakan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa 1) Strategi diversifikasi yang digunakan oleh UD. Winna sari yaitu diversifikasi konsentris dan diversifikasi horizontal. 2) Kendala-kendala yang dihadapi diantaranya : a) Kurangnya kualitas sumberdaya manusia (SDM), b) Kurangnya tenaga kerja, c) Pandemi Covid-19. 3) dan solusi yang dilakukan yaitu : a) Melakukan studi banding, b) Menambah tenaga kerja borongan.

Kata kunci : Diversifikasi Produk, Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Junaidi
Date Deposited: 12 Jan 2023 02:05
Last Modified: 12 Jan 2023 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17116

Actions (login required)

View Item View Item