STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA AL-MAUFI JATIREJO KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2021-2022

Hikmah, Karimatul (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA AL-MAUFI JATIREJO KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI KARIMATUL HIKMAH T20181399 Watermak.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi guru menjadi salah satu acuan penting bagi setiap peserta didik,. Motivasi menjadi salah satu hal penting bagi siswa ketika melaksanakan proses pembelajaran, yang mana guru menjadi sarana utama bagi peserta didik dalam terbentuknya semangat motivasi belajar. Sekolah SMA Al-Maufi memiliki ketertarikan sendiri dalam bentuk strategi belajar yang baik. Dengan begitu, pembentukkan motivasi semangat belajar dalam membangun karakter masing-masing siswa akan terus tumbuh ketika setiap hari diterapkan kepada peserta didik.
Fokus penelitian skripsi ini adalah Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik dan Motivasi Intrinsik Belajar Siswa SMA Al-Maufi Jatirejo Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Strategi guru dalam meningkatkan motivasi ektrinsik dan motivasi intrinsik siswa SMA Al-Maufi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian yaitu guru pendidikan agama Islam dan siswa SMA Al-Maufi. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu: observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi ektrinsik adalah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran ekspositori dan kooperatif. menggunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda, guru memberikan motivasi disela-sela pembelajaran berlangsung, memberikan penguatan, arahan, pujian serta bimbingan kepada peserta didik. Selain itu guru memberikan nilai atau reward kepada peserta didik yang aktif pada saat kegiatan diskusi dalam hal tanya jawab, guru selalu memberikan nilai tambahan kepada peserta didik ketika mampu menjawab pertanyaan dengan benar dan yang selalu ingin bertanya, serta mengadakan kompetisi dan memberikan hukuman kepada peserta didik yang melanggar aturan guru.Hal ini menjadikan sebuah dorongan bagi peserta didik agar selalu mau dan terus aktif dalam kegiatan belajar dikelas. 2). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatan motivasi intrinsik siswa dengan melakukan cara stratagi pembelajaran kooperatif, inkuiri dan berbasis masalah. Menumbuhkan rasa percaya diri kepada peserta didik, dan memancing atau merangsang peserta didik dengan pemahaman bahwa mereka mempunyai cita-cita, minat, dan harapan. Hal ini membangun karakter masing-masing peserta didik dan kepercayaan diri peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Ekstrinsik, Motivasi Intrinsik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kari Matul Hikmah
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:58
Last Modified: 13 Jan 2023 00:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item