Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Madrassah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

FITRI, IZZATUL (2023) Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di Madrassah Ibtidaiyah Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HUMNA IZZATUL FITRIA_T20184054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sejak lahir anak sudah dianugrahi sebuah kecerdasan dan terus menerus dapat dikembangkan hingga dewasa. Tidak ada anak yang bodoh hanya saja setiap anak memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengembangkan kecerdasan pada anak adalah mengikutsertakan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler. Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah maka anak dapat mengembangkan kecerdasan yang dimilikinya. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mengembangkan kecerdasan kinestetiknya adalah kegiatan ekstrakurikuler seni tari.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022?. 2). Bagaimana pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di MI Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022? 2). Untuk mengetahui pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Miftahul Ulum 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Untuk menjawab Fokus penelitian diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman terdiri dari data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1).Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di MI Miftahul Ulum 1 terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan kegiatan berisi pembuatan angket, membuat daftar hadir, menyiapkan saran dan prasarana, menentukan metode, media, dan jenis tarian apa saja yang akan digunakan. Proses pelaksanaan terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Evaluasi dilaksanakan secara langsung, yaitu guru melakukan peneguran langsung apabila ada siswa yang kurang maksimal dalam melakukan gerak tarinya. 2). pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari dari empat aspek kecerdasan kinetetik yaitu koordinasi tubuh, keseimbangan, kekuatan, dan kelenturan. Para siswa sudah bisa berkoordinasi tubuh terhadap mata, tangan dan kaki dalam gerakan, pada tahap keseimbangan yang diukur dengan gerakan ketika anak melakukan gerakan menjinjit sambil memegang pinggang kemudian memutar tubuh, pada tahap ini siswa rata-rata siswa sudah berkembang sesuai harapan, dalam tahap kekuatan ketika anak sudah bisa menghentakkan kaki sesuai dengan harapan, dan kelenturan ketika anak melakukan gerakan mendhak dan tangan ngungkel siswa menjadi lebih luwes dan lentur. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perkembangan kecerdasan kinestetik yang ada pada diri siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari.

Kata Kunci: Pengembangan Kecerdasan Kinestetik, Ekstrakurikuler Seni Tari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HUMNA IZZATUL FITRIA
Date Deposited: 13 Jan 2023 00:22
Last Modified: 13 Jan 2023 00:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17122

Actions (login required)

View Item View Item