Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Praktik Multi Level Marketing Pada Bisnis Mahkota Sukses Indonesia (MSI) Di Desa Kejayan Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso

Sholikhah, Amilatus (2023) Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Praktik Multi Level Marketing Pada Bisnis Mahkota Sukses Indonesia (MSI) Di Desa Kejayan Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Amilatus Sholikhah_S20182087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Fikih Muamalah, Multi Level Marketing, Mahkota Sukses Indonesia (MSI).
Perkembangan sebuah bisnis yang mengimplementasikan sistem Multi Level Marketing (MLM) kini semakin pesat, bermacam-cam bentuknya, dimulai dari produk yang dijualnya, cara pemasarannya dan juga keuntungan atau bonus yang dijanjikan kepada setiap anggota yang bergabung. Perkembangan binis dengan sistem Multi Level Marketing (MLM) ini menjadi perselisihan pendapat di antara para ulama fikih hingga Majelis Ulama Indonesia(MUI).
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana praktik multi level marketing pada bisnis Mahkota Sukses Indonesia di Desa Kejayan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap praktik multi level marketing pada bisnis Mahkota Sukses Indonesia di Desa Kejayan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana praktik multi level marketing pada bisnis Mahkota Sukses Indonesia di Desa Kejayan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso, dan 2) Untuk memahami dan menguraikan bagaimana Tinjauan Fikih Muamalah terhadap praktik Multi Level Marketing pada bisnis Mahkota Sukses Indonesia di Desa Kejayan, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso.
Untuk mencapai dan mengidentifikasi tujuan diatas, maka peneliti ini memilih untuk memerapkan metode penelitian kualitatif dengan metode pendekatan yuridis empiris dalam penelitian ini. Dan adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah, wawancara secara langsung, observasi dan dokumentasii.
Hasil Penelitian ini adalah : 1) Praktik Multi Level Marketing (MLM) yang dilakukan pada Bisnis Mahkota Sukses Indonesia di Desa Kejayan ini dimulai dari perekrutan anggota baru dengan syarat pembelian satu paket produk sudah otomatis menjadi member asli Mahkota Sukses Indonesia sekaligus mendapatkan satu hak usaha yang berupa point berbentuk diagram. Dimana setiap member tersebut melakukan repeat order maupun perekrutan anggota kembali akan mendapat komisi atau bonus dari perusahaan. 2) Analisis Fiqih Muamalah terkait praktik Multi Level Marketing (MLM) pada bisnis Mahkota Sukses Indonesia yang terjadi di Desa Kejayan, Kecamatan Pujer ini, bahwasannya sudah sesuai dengan hukum syariat agama islam yang berlaku dengan mengacu pada 12 kriteria yang tercantum dalam fatwa DSN-MUI No.75/DSN-MUI/VII/2009 tentang Penjualasan Lansung Berjenjang Syariah (PLBS). Para member boleh menperjual belikan produk-produk bahkan juga bisa digunakan pribadi sebab produk-produknya sudah jelas legalitas dan kehalalannya dan mereka berhak mendapatkan bonus atau upah dari pekerjaan yang telah mereka lakukan yaitu memperjual belikan produk juga dalam melakukan perekrutan anggota baru. Namun bisnis Mahkota Sukses Indonesia hanya memang belum terdaftar resmi di DSN-MUI sebagai bisnis Multi Level Marketing yang menerapkan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Amilatus Sholikhah
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:51
Last Modified: 12 Jan 2023 09:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17124

Actions (login required)

View Item View Item