Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Menurut ISAK 35 Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember JEMBER

Nafila, Nadhirotun (2022) Akuntabilitas Pada Pengelolaan Keuangan Masjid Menurut ISAK 35 Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NADHIROTUN NAFILA WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nadhirotun Nafila, Dr. Munir Is’adi, S.E., M.Akun, 2022 : “Akuntabilitas
PadaPengelolaanKeuangan Masjid Menurut ISAK 35 Pada Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi KecamatanTempurejo Kabupaten Jember”

Masjid Miftahuddin merupakan organisasi yang berorientasi pada entitas non laba. Masidh sedikit organisasi non laba yang melakukan pencatatan dengan lengkap dan sesuai dengan standar pelaporan yang ada. Dalam menyajikan laporan keuangan entitas non laba diatur didalam standar ISAK 35 yang disahkan pada tanggal 11 April 2019 dan berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2020. Standar ISAK 35 terdiri dari pos laporan keuangan yaitu laporan posisi keuangan, laporan penghasilan komprehensif, laporan perubahan aset, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan. dengan melakukan penyajian laporan keuangan yang baik dapat memudahkan suatu entitas dalam melakukan akuntabilitasnya.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis dapat merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya: (1) Bagaimana pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember?; (2) Bagaimana akuntabilitas pada pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember?; (3) Bagaimana kesesuaian pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan ISAK 35?.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember, (2) untuk mengetahui akuntabilitas pada pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember, (3) untuk mengetahui kesesuaian pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin Desa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan ISAK 35.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan data deskriptif. Selain itu untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan, (1) pengelolaan keuangan di Masjid Miftahuddin masih sederhana hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran kas, (2) Masjid Miftahuddin telah mengelola keuangan dengan terbuka sebagai bentuk pertanggungjawaban atau akuntabilitas kepada masyarakat sekitar masjid ataupun jamaah, (3) Masjid Miftahuddin masih belum menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan ISAK 35 tentang penyajian laporan keuangan entitas berorientasi nonlaba karena belum pernah mendengar dan mengenalnya.

Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan, Akuntabilitas, ISAK 35

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mis Nadhirotun Nafila
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:55
Last Modified: 13 Jan 2023 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item