Manajemen Pendistribusian Dana Zakat Produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi

Syahrul, Ardiyanto (2023) Manajemen Pendistribusian Dana Zakat Produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SYAHRUL ARDIYANTO WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Syahrul Ardiyanto, Dr. Moch. Chotib, S.Ag., M.M. 2022: Manajemen Pendistribusian Dana Zakat Produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi.
BAZNAS bertujuan meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan. Pendistribusian zakat secara produktif yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Banyuwangi diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan. Oleh karena itu diperlukan manajemen pendistribusian zakat produktif agar tepat sasaran, amanah, dan efektif.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana perencanaan pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana pengorganisasian pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi.? 3) Bagaimana pelaksanaan pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi? 4) Bagaimana monitoring dan evaluasi pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan perencanaan pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi. 2) mendeskripsikan pengorganisasian pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi 3) mendeskripsikan pelaksanaan pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi 4) mendeskripsikan monitoring dan evaluasi pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif interaktif model Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan: 1) Perencanaan pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Banyuwangi terdiri dari rapat penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT), survei dan assessment, Rapat terkait data mustahik. 2) Pengorganisasian pendistribusian dana zakat produktif di BAZNAS membentuk tim yaitu yang terdiri dari BAZNAS, UPZ didampingi dengan pemerintahan kecamatan dan desa 3) Tim distribusi terjun langsung ke lokasi mustahik, melaksanakan tiga tahapan pendistribusian, melakukan pelatihan dan sosialisasi terkait zakat produktif. 3) Monitoring dan evaluasi pendistribusian dana zakat produktif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyuwangi melakukan monitoring oleh juru pungut, melakukan kegiatan evaluasi di setelah tahap pendistribusian, melakukan pengecekan buku angsuran mustahik.
Kata Kunci : Manajemen Pendistribusian, Zakat Produktif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150303 Corporate Governance and Stakeholder Engagement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: mr syahrul ardiyanto
Date Deposited: 12 Jan 2023 09:41
Last Modified: 12 Jan 2023 09:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item