Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri

Dista, Kirana Septian (2023) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KIRANA SEPTIAN DISTA_T20183047.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang baik dan memadai ini menjadi sebagai proses meningkatkan mutu pendidikan. Guna untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Kepung 3 caranya dengan melalui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang menjadi salah satu kelancaran dalam proses belajar dan mengajar di dalam satuan pendidikan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?. 2) Bagaimana pengadaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?. 3) Bagaimana pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?. 4) Bagaimana penghapusan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Kepung 3 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Lalu keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Dalam perencanaan sarana dan prasarana pendidikan terdapat kegiatan yaitu Merancang Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS), tahapnya terdiri dari: a) Dirapatkan setiap awal tahun, b) Dirapatkan bersama pihak-pihak sekolah c) RKAS ini mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan. d) Proporsi RKAS sesuai dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) e) Perencanaan, mengacu pada RKAS yang telah dirancang bersama. 2) Dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan terdapat beberapa kegiatan, yaitu: a) Menetapkan sarana dan prasarana bersama pihak-pihak sekolah. b) Pelaksanaan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). c) Pengadaan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta sumbangan dari paguyuban masyarakat sekitar. d) Pengadaannya dilaksanakan oleh petugas aset sarana dan prasarana sekolah. e) Setelah pengadaan dilakukan pembukuan/penginventarisan ke dalam Kartu Inventaris Barang (KIB). 3) Dalam pemeliharaan sarana dan prasarana terdapat bebarapa kegiatan, yaitu: a) Menjaga dan merawat sarana dan prasarana dengan menyimpan barang pada tempatnya. b) Perawatan secara berkala. c) Pemeliharaan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berdasarkan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS). d) Pemeliharaan rusak ringan menggunakan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) e) Pemeliharaan rusak berat mengajukan laporan ke dinas. 4) Dalam penghapusan sarana dan prasarana, terdapat syarat penghapusan sarana dan prasarana pendidikan seperti: a) buku yang hanya digunakan satu tahun atau ada sisa yang sudah berusia satu tahun. b) sarana dan prasarana rusak berat, jika dibenarkan memakan uang banyak. c) Barang hilang. Dalam kegiatan penghapusan sarana dan prasarana terdapat beberapa kegiatan, yaitu: a) Rapat penghapusan aset, b) Pelaporan ke aset daerah menggunakan aplikasi SIMBADA, c) Mendapatkan rekomendasi penghapusan, d) Petugas aset sarana dan prasarana daerah melakukan survei ke sekolah untuk mengecek barang sarana dan prasarana yang diajukan penghapusan dengan membuat berita acara. e) Survei selesai, pengajuan kembali dengan laporan penghapusan didata SIMBADA. f) Penghapusan dilakukan.

Kata kunci: Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Kirana Septian Dista
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:04
Last Modified: 13 Jan 2023 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17140

Actions (login required)

View Item View Item