Strategi Persatuan Penyandang Disabilitas dan Center Advokasi (PERPENCA) dalam Mensosialisasikan Kesamaan Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember

Zahroh, Fatimatus (2023) Strategi Persatuan Penyandang Disabilitas dan Center Advokasi (PERPENCA) dalam Mensosialisasikan Kesamaan Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatus Zahroh_D20183013.pdf

Download (56MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas telah menjamin hak penyandang disabilitas dalam memperoleh pekerjaan yang layak. Kemudian di Kabupaten Jember regulasi tersebut didukung dengan adanya Peraturan Daerah Kabupaten Jember Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-hak Penyandang Disabilitas. Namun implementasi dari regulasi tersebut belum optimal. Persatuan Penyandang Disabilitas dan Center Advokasi (PERPENCA) sebagai wadah bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember berupaya untuk menyuarakan hak mereka yang telah diamanatkan dalam regulasi tersebut. Sehingga penulis tertarik untuk mengetahui metode serta kegiatan PERPENCA guna menyuarakan kesamaan kesempatan kerja bagi disabilitas. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui perencanaan, implementasi, hingga evaluasi PERPENCA dalam mensosialisasikan kesamaan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi pastisipatif, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) PERPENCA memiliki kondisi yang kuat namun menghadapi tantangan yang besar sehingga direkomendasikan menggunakan strategi diversifikasi; 2) Implementasi dari srategi PERPENCA dalam mensosialisasikan kesamaan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember ialah dengan mengadakan program pendidikan, yakni program kesetaraan (A, B, dan C), program sarjana di UNIPAR Jember, serta pelatihan kerja. 3) Evaluasi PERPENCA dalam mensosialisasikan kesamaan kesempatan kerja: a)Dilakukan pendataan untuk penyandang disabilitas yang telah siap kerja serta pemetaan untuk setiap program yang akan dilakukan, b) Dibentuk Unit Layanan Disabilitas Kabupaten di ketenagakerjaan, dan c) Diperlukan penyuluh kesejahteraan sosial.

Kata kunci: Strategi, PERPENCA, Kesamaan Kesempatan Kerja, Penyandang Disabilitas, Kabupaten Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Fatimatus Zahroh
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:55
Last Modified: 17 Jan 2023 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17141

Actions (login required)

View Item View Item