Analisis Akuntansi Biaya Produksi Pada Praktik Value Chain Di UMKM Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

Ladidah, Siti Saridatul (2023) Analisis Akuntansi Biaya Produksi Pada Praktik Value Chain Di UMKM Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Saridatul Ladidah_E20183068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Saridatul Ladidah, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I, M.S.I. 2022 : Analisis Akuntansi Biaya Produksi Pada Praktik Value Chain Di Umkm Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso

UMKM Ijen Batik Bondowoso merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi batik untuk wilayah Bondowoso dan sekitarnya bahkan sampai ke luar Jawa dan luar negeri. Tingginya persaingan pasar perusahaan juga perlu meningkatkan daya saing dengan cara memiliki kemampuan inti yang tidak dapat ditiru oleh pasar-pasar lainnya. Rantai nilai dapat membantu Ijen Batik mengindentifikasi aktivitas dalam rantai nilai yang dapat menghasilkan nilai, namun juga dibutuhkan pengalokasian biaya produksi yang tepat. Alokasi biaya produksi yang tepat, bisa mendapatkan profit yang tinggi dan dapat diperoleh mealalui stabilitas dalam usaha.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis dapat merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaramya: (1) bagaimana praktik value chain di UMKM Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso? (2) bagaimana analisis akuntansi biaya produksi pada praktik value chain di UMKM Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mencari data dan informasi yang berhubungan dengan biaya produksi pada praktik value chain di UMKM Ijen Batik: (1) untuk mengetahui praktik value chain di UMKM Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso. (2) untuk mengetahui analisis akuntansi biaya produksi pada praktik value chain di umkm Ijen Batik Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan data deskriptif. Selain itu untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan. (1) praktik atau aktivitas value chain di UMKM Ijen Batik ada dua aktivitas, yaitu aktivitas utama/primer dan aktivitas pendukung. Aktivitas utama meliputi inbound logistik yaitu penerimaan dan penyimpanan bahan baku dan peralatan batik seperti kain, lilin/malan, pewarna dan waterglass. Kemudian operasi/proses produksi meliputi pembuatan motif, penjiplakan atau pembuatan pola pada kain, penantingan, pewarnaan, kemudian fiksasi atau penguncian warna, pelorodan, penjemuran kain. Kemudian outboud logistik meliputi pendistribusian produk.kemudian pemasaran dan penjualan. Pemasaran yang dilakukan Ijen Batik menggunakan media sosial dalam mempromosikan dan mengembangkan produknya. Penjualan melalui grosir/wholeseller dan retail baik dari kota Bondowoso maupun luar kota Bondowoso. Serta melakukan pelayanan terhadap pelanggan. Aktivitas pendukung meliputi pengadaan/ pembelian bahan baku dan peralatan batik, teknologi yang digunakan masih sederhana kecuali desain motif menggunakan ipad. SDM sudah cukup baik, dan tersedianya infrastruktur yang perlu ditingkatkan. (2) akuntansi biaya produksi di UMKM Ijen Batik sudah cukup baik. Pencatatan nya sudah lengkap, namun perhitungan biaya–biaya produksi batik di UMKM Ijen Batik belum sesuai dengan
standart akuntansi. Biaya produksi batik di UMKM Ijen Batik terdiri dari tiga yaitu biaya bahan baku, baiya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

Kata Kunci: Biaya produksi, Value Chain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mis Siti Saridatul Ladidah
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:02
Last Modified: 13 Jan 2023 01:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item