STRATEGI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDLATUL ULUM LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Abrori, Muhammad Farhan STRATEGI KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH RAUDLATUL ULUM LEDOKOMBO JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
skripsi farhan new.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah, Supervisor, Mutu Lulusan.
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen yang penting dalam peningkatan mutu. Kepala madrasah harus mampu dalam menganalisis kekurangan serta kelebihan yang dimiliki oleh madrasah, dan juga memunculkan ide - ide kreatif serta inovatif untuk memberikan trobosan- trobosan baru yang bergunan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Fokus penelitian yaitu: 1) konsep perencanaan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs Raudatul Ulum Ledokombo Jember tahun ajaran 2022/2023 2) pola pelaksanaan strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs Raudatul Ulum Ledokombo Jember tahun ajaran 2022/2023. 3) teknik evaluasi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs Raudatul Ulum Ledokombo Jember tahun ajaran 2022/2023. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs Raudlatul Ulum Ledokombo Jember tahun ajaran 2022/2023. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs Raudlatul Ulum Ledokombo Jember tahun ajaran 2022/2023. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan di MTs Raudlatul Ulum Ledokombo Jember tahun ajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis naratif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data dimulai dari tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan, yaitu dengan melaksanakan rapaat tahunan, penetapan kegiatan yang menunjang mutu lulusan. 2) Pelaksanaan strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu dengan melaksanakan kegiatan dan memenuhi kebutahan penunjang pembelajaran seperti ruang kelas yang memadai, laboratorium yang terpenuhi dan fasilitas perpustakaan. Mengembangkan kualitas guru melalui pelatihan. 3) Evaluasi strategi kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu mengevaluasi program kegiatan pengembangan model lulusan adalah dengan evaluasi rutin setiap bulan selama kegiatan berlangsung dan juga evaluasi pada akhir kegiatan titik ini merupakan bagian dari model evaluasi .

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. ABRORI MUHAMMAD FARHAN
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:37
Last Modified: 12 Jan 2023 01:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item View Item