Pembelajaran Baca Kitab Kuning dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Lumajang pada Tahun 2022.

Muttaqin, Moch. Nurhidayatul (2022) Pembelajaran Baca Kitab Kuning dengan Menggunakan Kitab Nubdzatul Bayan di Pondok Pesantren Nurul Haromain Lumajang pada Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Nurhidayatul Muttaqin T20171359 Skripsi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab Kuning, Kitab Nubdzatul Bayan, Pondok Pesantren Nurul Haromain Lumajang.

Salah satu pendidikan islam yang masih eksis di Indonesia adalah pondok pesantren. Pondok pesantren Nurul Haromain Lumajang menerapkan pendidikan pembelajaran baca kitab kuning. Dalam pembelajaran baca kitab kuning santri pasti mengalami kesulitan dalam hal membaca dan memahami kitab kuning, dikarenakan huruf arab gundul yang tidak memiliki harakat, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari kitab kuning. Maka salah satusolusi yang ditempuh oleh pengasuh pondok pondok pesantren adalah dengan menerapkan pembelajaran baca kitab kuning menggunakan kitab Nubdzatul Bayan.
Tujuan Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan tujuan pembelajaran baca kitab kuning menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di pondok pesantren Nurul Haromain Lumajang pada tahun 2022. 2) Untuk mendeskripsikan materi pembelajaran baca kitab kuning menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di pondok pesantren Nurul Haromain Lumajang pada tahun 2022. 3) Untuk mendeskripsikan metode pembelajaran baca kitab kuning menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di pondok pesantren Nurul Haromain Lumajang pada tahun 2022. 4) Untuk mendeskripsikan media pembelajaran baca kitab kuning menggunakan kitab Nubdzatul Bayan di pondok pesantren Nurul Haromain Lumajang pada tahun 2022.
Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk menguji Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah 1) tujuan pembelajaran secara spesifik berpedoman pada silabus sedangkan secara umum bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan santri dalam hal membaca kitab kuning 2) Materi pembelajaran baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan sesuai dalam silabus terdapat 6 jilid 3) Metode yang digunakan dalam pembelajaran baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan ialah: metode sorogan, lalaran, hafalan, demonstrasi dan tanya jawab. 4) Media yang digunakan dalam pembelajaran baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan ialah: Kitab Nubdzatul Bayan, Nadloman, Tasrif, Papan tulis, Kapur/Spidol, Proyektor, Laptop, Pengeras suara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch. Nurhidayatul Muttaqin
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:12
Last Modified: 13 Jan 2023 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17149

Actions (login required)

View Item View Item