Implementasi model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020

Rosul, Wasilatul (2020) Implementasi model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Wasilatul Rosul_T20165076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Guna menjadikan kegiatan pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan bagi anak, maka lembaga pendidikan TK harus kreatif mengemas model pembelajaran salah satunya dengan menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran yang terpusat pada anak yang lebih dikenal dengan model pembelajaran sentra persiapan. Model pembelajaran ini dilaksanakan dengan memberikan pijakan untuk membangun pengetahuan berdasarkan pengalaman anak. Pembelajaran berbasis sentra persiapan dilakukan dengan cara belajar sambil bermain pada pijakan lingkungan bermain, pijakan sebelum bermain, pijakan selama main, dan pijakan setelah main. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020. 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Perencanaan model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember dilakukan dengan guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bentuk perencanaan model pembelajaran sentra persiapan yaitu mempersiapkan dan menata segala tempat beserta permainan, mempersilahkan anak untuk bermain bebas sebelum permainan dimulai, serta guru memberi stimulus dengan bernyanyi sebelum pelaksanaan permainan dimulai. 2) Pelaksanaan model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember dilakukan dengan cara guru mempraktekkan pembelajaran aktif. Model pembelajaran dilakukan dengan memberi stimulus yang merangsang anak untuk aktif, kreatif, mandiri, dan terus berpikir dengan menggali pengalamannya sendiri melalui dunia bermain. Penentuan tema pembelajaran disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan kemampuan anak. 3) Evaluasi model pembelajaran sentra persiapan pada anak kelompok A di TK Yasmin Universitas Jember dilakukan dengan mengamati dan mendokumentasikan perkembangan anak mulai awal bermain sampai dengan akhir. Tahapan-tahapan evaluasi menggunakan beberapa teknik meliputi observasi, checklist, sampai unjuk kerja anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:02
Last Modified: 01 Apr 2021 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item