STRATEGI MINIMUM VIABLE PRODUCT DALAM PENGEMBANGAN PRODUK STARTUP DI APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL BANGBELI (PT. DOA ANAK DIGITAL) KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR

Ramadhina Saputri, Rizka (2022) STRATEGI MINIMUM VIABLE PRODUCT DALAM PENGEMBANGAN PRODUK STARTUP DI APLIKASI PEMBAYARAN DIGITAL BANGBELI (PT. DOA ANAK DIGITAL) KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Rizka Ramadhina Saputri_E20182088.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rizka Ramadhina S, M.F Hidayatullah, M. S.I, 2022: Strategi Minimum Viable Product Dalam Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital).
Pengembangan Produk merupakan salah satu hal yang harus dilakukan baik ketika awal mengeluarkan produk maupun mengembangkan produk yang sudah dikeluarkan. Hal tersebut merupakan langkah yang krusial dimana langkah serta strategi yang ditempuh menentukan apakah perusahaan dapat terus beroperasi atau terhenti.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu 1.) Bagaimana Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital)? 2.) Bagaimana Penerapan Startegi Minimum Viable Product Dalam Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital)? 3.) Bagaimana Implikasi Strategi Minimum Viable Product Dalam Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital?
Tujuan Penelitian ini adalah 1.) Untuk Mengetahui Bagaimana Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital)? 2.) Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Strategi Minimum Viable Product Dalam Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital)? 3). Untuk Mengetahui Bagaimana Implikasi Strategi Minimum Viable Product Dalam Pengembangan Produk Startup di Aplikasi Pembayaran Digital Bangbeli (PT. Doa Anak Digital)?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian kualitatif, deskriptif dengan subyek penelitian dengan menggunakan Purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, untuk menguji keabsahan data dan peneliti menggunakan trianggulasi sumber.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut.1.) Pengembangan produk dan fitur yang akan dilakukan Bangbeli yaitu FAQ dan halaman pengaduan CS, Fitur pencatatan utang dan keuangan, Redesign fitur level dan gamifikasi bulanan, modal dan dana talangan, halaman notifikasi dan pesan, redesign halaman PPOB (add autofill), redesign halaman keunggulan premium, tabungan serta login biometric. Serta prioritas didalam mengembangankan produk dibagi menjadi fitur yang high value, low value, high effort dan low effort. 2.) Dimulai dengan versi beta 1.1.4, versi 1.1.5, versi 1.1.6 dan versi terbaru 2022. Langkah dalam penerapan dan pembuatan diawali dengan tahap emphatize, tahap define, tahap ideation, dan tahap build product atau production. Tes dilakukan dengan cara user testing internal dan early adapters. 3.) Implikasinya adalah adanya pertambahan jumlah pengguna, pertambahan jumlah transaksi, feedback untuk pengembangan fitur selanjutnya, penambahan fitur serta produk baru, dan perubahan legalitas.
Kata Kunci : Minimum Viable Product, Pengembangan Produk, Startup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150307 Innovation and Technology Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150308 International Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Rizka Ramadhina Saputri
Date Deposited: 14 Jan 2023 09:06
Last Modified: 14 Jan 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item View Item