DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN TERHADAP EKONOMI PETANI MUSLIM DI GEBANG TAMAN

Wahyuningtiyas, Mega Etikasari (2022) DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN TERHADAP EKONOMI PETANI MUSLIM DI GEBANG TAMAN. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mega Etikasari Wahyuningtiyas_E20172150.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Mega Etikasari Wahyuningtiyas, Dr. Ahmadiono, S.Ag., M.E.I. 2022: Dampak Alih Fungsi Lahan Terhadap Ekonomi Petani Muslim Di Gebang Taman.

Alih fungsi lahan dapat diartikan sebagai perubahan untuk penggunaan lain disebabkan oleh faktor-faktor yang secara garis besar meliputi keperluan untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang makin bertambah jumlahnya dan meningkatnya tuntutan akan mutu kehidupan yang lebih baik.
Penelitian ini berada di Kota Jember yang memiliki letak yang strategis yaitu wilayah pertanian. Namun, sejalan dengan pertumbuhan populasi dan penggunaan lahan untuk pembangunan, Kota Jember dijadikan sebagai tujuan investasi bagi para investor yang ingin mengembangkan usaha. Gebang Taman menjadi salah satu sasaran bagi para investor untuk mengembangkan kawasan perumahan real estates atau perumahan.
Fokus penelitian skripsi ini adalah: pertama Apa saja faktor yang menyebabkan alih fungsi lahan di Gebang Taman? kedua Bagaimana dampak alih fungsi lahan terhadap ekonomi petani di Gebang Taman?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi alih fungsi lahan di Gebang Taman dan untuk mengetahui dampak alih fungsi lahan terhadap ekonomi petani di Gebang Taman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati-deskriptif. Tujuannya untuk memberi gambaran lengkap, meringkas berbagai kondisi, situasi dan berbagai data yang telah di kumpulkan di lingkungan Gebang Taman. Subyek penelitian dipilih dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. . Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Analisis dilakukan sebelum dan sesudah di lapangan menggunakan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber
Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa pertama Terdapat beberapa faktor yang menajdi penyebab dilakukannya alih fungsi lahan pada lingkungan gebang, diantaranya faktor pendidikan, sosial dan ekonimi para warga. Kedua ada dampak negatif dan dampak positif yang di akibatkan oleh adanya alih fungsi lahan, dampak negatifnya yaitu warga lebih konsumtif, pendapatan yang dihasilkan lebih rendah serta keadaan ekonomi petani tidak stabil. Sedangkan dampak positifnya yaitu listrik lebih mudah di dapat, akses meuju jalan raya lebih dekat dan mudah di lalui serta adanya lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

Kata Kunci: Alih Fungsi lahan, Ekonomi Petani

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mega Etikasari Wahyuningtiyas
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:33
Last Modified: 12 Jan 2023 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item