Analisis pengaruh laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran dan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia

Afifah, Anni (2023) Analisis pengaruh laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran dan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANNI AFIFAH_E20172095.pdf - Draft Version

Download (6MB)

Abstract

Anni Afifah, Aminatus Zahriyah, S.E., M.Si. 2022: Analisis Pengaruh Laju Pertumbuhan Penduduk, Tingkat Pengangguran, dan Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Laju Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia.

Kondisi perekonomian suatu negara sangat menentukan tingkat kesejahteraan masyarakat suatu negara, yang berarti bahwa suatu negara menginginkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan berkesinambungan. Pertumbuhan ekonomi yang stabil merupakan salah satu prasyarat keberhasilan pembangunan suatu negara, terutama bagi negara berkembang. Dalam prosesnya tentu saja pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh banyak sekali faktor yang dapat menjadi pendorong sekaligus penghambat pertumbuhan ekonomi itu sendiri. Pertumbuhan penduduk yang singkat dikatakan berpengaruh negatif dan dalam jangka waktu yang lama justru berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan pengangguran yang relatif tinggi menghalangi pemerintah untuk mencapai perekonomian yang stabil. Dan perkembangan teknologi dikatakan memfasilitasi pembangunan ekonomi yang kemudian berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah laju pertumbuhan penduduk berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia? 2) Apakah tingkat pengangguran berpengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia? 3) Apakah indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia? 4) Apakah laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran dan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara simultan?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran, dan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dngan jenis penelitian asosiatif. Dan menggunakan teknik pengambilan sampel Stratified Random Sampling. Model analisis yang digunakan yakni regresi data panel dengan pendekatan fixed effect model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penduduk berpengaruh secara signifikan, sedangkan tingkat pengangguran, dan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk, tingkat pengangguran dan indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi secara simultan berpengaruh terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kata Kunci: laju pertumbuhan ekonomi; laju pertumbuhan penduduk; tingkat pengangguran; indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: laju pertumbuhan ekonomi; laju pertumbuhan penduduk; tingkat pengangguran; indeks pembangunan teknologi informasi dan komunikasi.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anni Afifah
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:59
Last Modified: 13 Jan 2023 06:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17158

Actions (login required)

View Item View Item