Penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun Pelajaran 2019/2020

Rahayu, Titin Ulfa Puji (2020) Penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Titin Ulfa Puji Rahayu_T20165084.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam rangka mengemban tugas dan tanggung jawab untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak diperlukan suatu upaya yang dilakukan oleh guru agar perkembangan bahasa anak aspek menyimak dan mengungkapkan anak dapat berkembang secara optimal. Upaya tersebut dapat dimulai dengan menyiapkan media edukatif berupa permainan yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, salah satunya melalui permainan bisik pesan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1) Bagaimanakah penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa aspek menyimak pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimanakah penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa aspek mengungkapkan pada anak kelompok Adi Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan dari penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa aspek menyimak pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa aspek mengungkapkan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi partisipan, wawancara tak berstruktur, dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1) Penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa aspek menyimak pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember dilakukan dengan cara melatih anak untuk mendengarkan suatu pesan yang berisi kalimat atau kosakata yang disesuaikan dengan tema pembelajaran. Bentuk-bentuk kegiatan menyimak anak yaitu, anak mampu mendengarkan secara aktif, anak mampu membedakan suatu intonasi kata, dan anak mampu memahami arti yang terkandung dalam pesan. 2) Penerapan permainan bisik pesan dalam meningkatkan kemampuan bahasa aspek mengungkapkan pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Yasmin Universitas Muhammadiyah Jember dilakukan dengan memberikan stimulasi yang disesuaikan dengan keunikan masing-masing anak. Keterampilan tersebut diasah melalui permainan bisik pesan yang dapat menggerakkan anak secara aktif berkelompok dalam mengungkapkan gagasanya. Bentuk-bentuk peningkatan kemampuan bahasa pada aspek mengungkapkan melalui permainan bisik pesan adalah anak mampu mengungkapkan gagasannya, anak dapat mengulang kata-kata yang didengar, anak dapat menjawab pertanyaan sederhana, anak dapat menyebutkan kosakata maupun kalimat sederhana, dan anak dapat menceritakan kembali pengalamannya dalam bermain bisik pesan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:13
Last Modified: 01 Apr 2021 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1716

Actions (login required)

View Item View Item