Penerapan Media Edukatif Sketsa Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Khofiva, Umi Hamidatul (2023) Penerapan Media Edukatif Sketsa Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UMI HAMIDATUL KHOFIVA_T20185011.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan kognitif anak sangat penting untuk dikembangkan sejak dini. Hal ini bertujuan agar anak mampu mengeksplorasi lingkungannya melalui panca inderanya. Termasuk dalam hal kemampuan anak berfikir kritis, berfikir logis dan berfikir simbolik. Media menjadi salah satu cara yang tepat untuk membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak. namun dibeberapa sekolah TK masih jarang menggunakan media visual (gambar), karena guru hanya terfokus pada kegiatan yang lebih mudah seperti menggunakan lembar kerja anak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023 ?. 2) Bagaimana penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir logis pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023 ?. 3) Bagaimana penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023 ?.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir logis pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 85 Sabrang Ambulu Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis pada anak kelompok A, dengan cara guru menjelaskan materi pembelajaran kepada anak menggunakan media gambar sesuai dengan tema pembelajaran selanjutnya melakukan tanya jawab dengan anak secara klasikal, kemudian anak menjawab pertanyaan yang diberikan guru. 2) Penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir logis pada anak kelompok A, dengan cara guru bercerita sesuai dengan mimic wajahnya untuk menarik perhatian anak. Guru juga mempraktekkan suatu kegiatan yang dilanjutkan pemberian tugas mengurutkan ukuran binatang dari gambar. 3) Penerapan media edukatif sketsa gambar dalam meningkatkan kemampuan berfikir simbolik pada anak kelompok A, dengan cara guru mulai menjelaskan tugas yang akan diberikan kepada anak berupa tugas membuat kolase yaitu kolase gambar kupu-kupu dan menghitung. Guru mengajarkan kepada anak bagaimana menghitung melalui gambar.
Kata Kunci : Media Edukatif Sketsa Gambar, Kemampuan Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MIS Umi Hamidatul Khofiva UIN KHAS JEMBER
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:19
Last Modified: 13 Jan 2023 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17161

Actions (login required)

View Item View Item