Persepsi Orangtua dan Guru Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Uffila Devi, Audini (2022) Persepsi Orangtua dan Guru Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI AUDINI revisi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata kunci: persepsi, pembelajaran berbasis online.

Pembelajaran PAI online yakni proses belajar mengajar Pendidikan
Agama Islam yang dilakukan menggunakan perangkat dengan bantuan internet.
Penelitian dilakukan di SMPN 4 Jember karena termasuk sekolah unggulan, dan
belum ada peneliti terdahulu yang meneliti pada saat pandemi. Dengan situasi
pendidikan ketika pandemi akan menimbulkan persepsi dari orangtua dan guru,
dimana mereka memiliki tanggapannya sendiri apa yang telah mereka alami. Oleh
sebab itu, persepsi orangtua dan guru untuk mendapatkan solusi perbaikan dalam
pembelajaran yang efektif dan efisien.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi orangtua dan guru
terhadap materi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember?, 2)
Bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap strategi pembelajaran PAI
berbasis online di SMPN 4 Jember?, 3) Bagaimana persepsi orangtua dan guru
terhadap media pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember?, 4)
Bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap evaluasi pembelajaran PAI
berbasis online di SMPN 4 Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana persepsi
orangtua dan guru terhadap materi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4
Jember. 2) Mendeskripsikan bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap
strategi pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember. 3)
Mendeskripsikan bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap media
pembelajaran PAI berbasis online di SMPN 4 Jember. 4) Mendeskripsikan
bagaimana persepsi orangtua dan guru terhadap evaluasi pembelajaran PAI
berbasis online di SMPN 4 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya
menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif milik Miles dan
Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi
sumber dan teknik.
Hasil penelitian:1) Materi pembelajaran online PAI seperti aspek aqidah
akhlak, fiqih, qurdis, dan sejarah kebudayan Islam harus berada dalam
pengawasan guru dan orangtua. 2) Strategi yang sering digunakan guru individual,
karena pada masa pandemi tidak memungkinkan anak belajar kelompok dan juga
sulit berdiskusi, 3) Media Pembelajaran online di SMPN 4 Jember guru lebih
sering menggunakan whatsapp dan zoom, sedangkan google classroom, dan
Youtube jarang digunakan, 4) Penilaian kognitif anak bisa didapat dari tugas soal,
penilaian afektif guru melihat sikap saat pelajaran, penilaian psikomotorik
diperolah dari tugas proyek seperti video praktek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Audini Uffila Devi
Date Deposited: 13 Jan 2023 02:51
Last Modified: 13 Jan 2023 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17167

Actions (login required)

View Item View Item