Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2021

Ulum, Ubaidul Mu`izzi (2023) Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UBAIDUL MU`IZZI ULUM_E20183122.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ubaidul Mu`izzi Ulum, Dr. Moch. Chotib S.Ag., M.M : Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdafatr Di BEI Tahun 2018-2021.
Pajak memiliki unsur-unsur yang meliputi, iuran dari rakyat kepada negara, berdasarkan undang-undang, tanpa jasa timbal atau kontrapretasi dari negara yang secara langsung dapat ditunjuk, serta digunakan untuk membiayai rumah tangga negara yakni pengeluaran-pengeluaran yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah profitabilitas berpengaruh secara parsial terhadap tax avoidance? 2) Apakah leverage berpengaruh secara parsial terhadap tax avoidance ? 3) Apakah corporate governance berpengaruh secara parisal terhadap tax avoidance? 4) Apakah Profitabilitas, leverage dan corporate governance secara simultan berpengaruh terhadap tax avoidance?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas secara parsial terhadap tax avoidance. 2) Untuk mengetahui pengaruh leverage secara parsial terhadap tax avoidance. 3) Untuk mengetahui pengaruh corporate governance secara parsial terhadap tax avoidance. 4) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage dan corporate governance secara simultan terhadap tax avoidance. Populasi yang digunakan adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2018-2021. Sampel yang digunakan adalah 61 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, serta uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini adalah 1) Profitabilitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. 2) Leverage secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. 3) Corporate governance secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. 4) Profitabilitas, leverage dan corporate governance secara simultan berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2018-2021. Hal ini menunjukkan semakin baik laba dan tata kelola yang dilakukan oleh perusahaan maka akan semakin meningkat kesadaran perusahaan untuk tidak melakukan penghindaran pajak.
Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Corporate Governance, Tax Avoidance

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Ubaidul Mu'izzi Ulum
Date Deposited: 13 Jan 2023 08:03
Last Modified: 13 Jan 2023 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item