Inovasi Produk Bersumber Dari Faktor Produksi Berbasis Kearifan Lokal Di Kejaya Handicraft Banyuwangi

Rosyidah, Haniatur (2023) Inovasi Produk Bersumber Dari Faktor Produksi Berbasis Kearifan Lokal Di Kejaya Handicraft Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HANIATUR ROSYIDAH FIX.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Haniatur Rosyidah, Hikmatul Hasanah, S.E.I.,M.E. 2022 : Inovasi Produk Bersumber Dari Faktor Produksi Berbasis Kearifan Lokal Di Kejaya Handicraft Banyuwangi.
Inovasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam perusahaan. Inovasi merupakan cara untuk terus membangun dan mengembangkan suatu organisasi melalui desain, varian, dan kualitas. Sehingga mampu menciptakan nilai tambah pada suatu produk.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana inovasi produk yang ada di Kejaya Handicraft Banyuwangi? 2) Bagaimana pemanfaatan faktor produksi berbasis kearifan lokal di Kejaya Handicraft Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan inovasi produk yang ada di Kejaya Handicraft Banyuwangi serta untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan faktor produksi berbasis kearifan lokal di Kejaya Handicraft Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dan jenis penelitian Kualitatif, dalam penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis Deskriptif. Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber.
Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Inovasi produk yang ada di Kejaya Handicraft Banyuwangi dilakukan dengan beberapa indikator, dari segi packaging produk sudah menggunakan bahan alam juga seperti kayu. Untuk varian produk sudah mulai banyak, yang awalnya hanya membuat tatakan gelas kini lebih berinovasi ke berbagai macam souvenir dan furniture. Dari segi kualitas, Kejaya Handicraft selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan sehingga kualitasnya sudah terjamin hingga saat ini. 2) pemanfaatan faktor produksi yang ada di Kejaya Handicraft yaitu dengan menggunakan bahan alam yang ada di sekitar, untuk tenaga kerja mereka mempunyai kurang lebih 100 karyawan. Mereka juga mempunyai mesin sebagai pendukung untuk memproduksi kerajinan tangan. Selain itu, mereka juga mempunyai skill yang dimiliki para karyawan sehingga dapat terciptanya ide-ide kreativitas untuk membuat produk. Bahan alam yang digunakan tersebut merupakan tumbuhan sekitar yang merupakan kearifan lokal setempat. Berkat kearifan lokal tersebut mereka dapat melangsungkan kehidupanya bahkan dapat berkembang secara berkelanjutan.


Kata Kunci : Inovasi, Faktor Produksi, Kearifan Lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Haniatur Rosyidah
Date Deposited: 13 Jan 2023 06:48
Last Modified: 13 Jan 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17173

Actions (login required)

View Item View Item