Analisis penetapan harga beli ayam broiler dengan model kemitraan pada peternakan cv.bintang abadi kecamatan tanggul

Alfiatun, Umroh (2023) Analisis penetapan harga beli ayam broiler dengan model kemitraan pada peternakan cv.bintang abadi kecamatan tanggul. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALFIATUN Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Alfiatun Umroh, Toton Fanshurna,M.E.I 2022: “Analisis Penetapan Harga Beli Ayam Broiler dengan Model Kemitraan Pada Peternakan CV.Bintang Abadi Kecamatan Tanggul”. Skripsi, Jember: Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Syudi Ekonomi Syariah (ES), 2017.

Peternakan CV.Bintang Abadi adalah peternakan ayam broiler yang menggunakan model kemitraan dengan kandang open yang bekerjasama dengan perusahaan SCT (Suar Central Ternak). Dalam menentukan harga ayam, peternak dan perusahaan SCT (Suar Central Ternak) menggunakan harga tetap yang disepakati dalam perjanjian kesepakatan kerjasama di awal. Dari adanya penetapan harga maka tidak menutup kemungkinan memiliki dampak bagi peternak maupun perusahaan.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1) Bagaimana model kemitraan yang dilakukan peternakan CV. Bintang Abadi Kecamatan Tanggul dengan PT.SCT (Suar Central Ternak)? 2) Bagaimana implikasi penetapan harga beli ayam broiler bagi ke dua belah pihak dalam hubungannya dengan perolehan laba?

Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui model kemitraan yang dilakukan peternakan CV.Bintang Abadi Kecamatan Tanggul dengan PT.SCT (Suar Central Ternak) 2) Untuk mengetahui implikasi penetapan harga beli ayam broiler bagi ke dua belah pihak dalam hubungannya dengan perolehan laba.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian keabsahan data menggunakan purposive, yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap paling mengetahui terkait permasalahan yang akan diteliti.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Model kemitraan yang dilakukan peternakan CV.Bintang Abadi dengan perusahaan SCT (Suar Central Ternak) yaitu peternak memberikan modal kandang, tenaga kerja, dan biaya operasional, sedangkan perusahaan memberi modal SAPRONAK (Sarana Produksi Peternak) yang meliputi bibit, pakan dan obat-obatan. Model kemitraan ini disebut dengan sistem kontrak. 2) Implikasi penetapan harga beli ayam broiler bagi ke dua belah pihak dalam hubungannya dengan perolehan laba. Bagi peternak ketika harga ayam naik harga peternak tetap, dan mendapatkan bonus FCR (Feed Convertion Ratio), jika harga pasar turun harga ayam peternak tetap, akan tetapi tidak mendapat bonus FCR (Feed Convertion Ratio) dari perusahaan. Bagi Perusahaan jika harga pasar naik maka perusahaan akan mendapatkan laba, jika harga pasar turun maka perusahaan tidak mendapatkan laba dari penjualan ayam bahkan rugi. Penetapan harga yang dilakukan ke dua belah pihak termasuk dalam penetapan harga objektif.

Kata Kunci: Penetapan Harga, Model Kemitraan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Alfiatun Umroh
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:57
Last Modified: 13 Jan 2023 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item