PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI MASALAH SELF ESTEEM PADA SANTRIWATI MADRASAH ALIYAH 03 AL-MA’ARIF WULUHAN JEMBER

Tiyana, Ilma (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGATASI MASALAH SELF ESTEEM PADA SANTRIWATI MADRASAH ALIYAH 03 AL-MA’ARIF WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ILMA TIYANA D20183073.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ilma Tiyana, 2023: Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Masalah Self Esteem Pada Santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember.
Karakteristik remaja tidak lepas dari permasalahan yang dihadapi remaja yang berdampak terhadap menurunnya tingkat penghargaan diri (self esteem) pada remaja. Permasalahan ini juga dialami oleh beberapa santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif yang kurang mampu dalam menghargai dirinya, sehingga diperlukan pemberian bimbingan kelompok yang nantinya dapat membantu permasalahan yang dihadapi mereka.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah self esteem pada santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember? 2) Bagaimana dampak pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dialami santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember terutama yang berkaitan dengan self esteem? Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah self esteem pada santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember. 2) Untuk mengetahui dampak layanan bimbingan kelompok yang dialami santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember terutama yang berkaitan dengan self esteem
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini menggunakan purposive sampling karena penentuan sumber data tersebut dilandasi pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi menggunakan checklist, pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian mengenai 1) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah self esteem pada santriwati Madrasah Aliyah 03 AlMa’arif Wuluhan Jember dilaksanakan oleh guru BK sebanyak 4 kali pertemuan dengan tahapan yang sesuai. 2) Dampak pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang dialami santriwati Madrasah Aliyah 03 Al-Ma’arif Wuluhan Jember yakni, santriwati lebih terbuka dan dapat mengeksplorasi dirinya sendiri sehingga santriwati mampu menunjukkan sikap positif dengan perasaan berharga, berarti, mampu menjalin hubungan sosial, harga diri ini dapat menimbulkan dampak pada diri santriwati dan lingkungan sekitarnya.
Kata kunci : bimbingan kelompok, self esteem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Ilma Tiyana
Date Deposited: 13 Jan 2023 01:01
Last Modified: 13 Jan 2023 01:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17182

Actions (login required)

View Item View Item