MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MA ATQIA BONDOWOSO

Hasanah, Nur (2022) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK SISWA DI MA ATQIA BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Nur Hasanah fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Saat ini secara kondisi, prestasi tidak hanya ditentukan oleh nilai. Namun prestasi non akademik juga menjadi salah satu prestasi yang unggul pada peserta didik. Prestasi non akademik merupakan prestasi yang sangat berpengaruh pada pengembangan diri peserta didik maka dari itu prestasi non akademik perlu diperhatikan karena terkait dengan dengan bakat dan minat yang dimiliki peserta didik, untuk itu diperlukan manajemen kesiswaan yang baik dalam pelaksanaanya. Agar dapat diperoleh pelayanan terbaik bagi peserta didik.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan, pembinaan, evaluasi kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MA ATQIA Bondowoso. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pembinaan, evaluasi kegiatan esktrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MA ATQIA Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Deskriptif. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian lapangan (Field research). Jenis penelitiannya yaitu penelitian studi kasus. Subjek penelitian diambil menggunakan sampling purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktif. Terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa yaitu dengan adanya Rekrutmen, publikasi melalui pengumuman secara flur setelah sholat dhuha, dan memberikan woro-woro berupa poster, Sistem seleksinya dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler dimulai saat pendaftaran PPDB ada bakat minat siswa, melalui itu ada pemetaan bakat minat. Sedangkan untuk sistem penempatan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler dipasrahkan ke tutor masing-masing ekstrakurikuler. 2) Pembinaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa dalam kegiatan pramuka, jurnalistik, olahraga, hadrah, informatika, pencak silat, kaligrafi, tilawah. b) kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan prestasi non akademik siswa yaitu adanya: PHBI & PHBN, Talk Show, Character Building, Konseling, dan Porseni. 3) Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa diantaranya yaitu: a) reward terhadap siswa yang berprestasi, b) motivasi siswa, c) evaluasi mingguan dan bulanan (pembahasan tentang kurikulum, kesiswaan dan problematika kelas), d) Madrasah dapat memberikan fasilitas dalam bakat dan minta siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajamen Ekstrakurikuler, Prestasi Non Akademik.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170202 Decision Making
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Hasanah Nur
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:21
Last Modified: 19 Jan 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item View Item