Pola Komunikasi Komunitas Punk Bondowoso Dalam Mempertahankan Identitas Keislamannya

Nuril Anwaril, Fata (2023) Pola Komunikasi Komunitas Punk Bondowoso Dalam Mempertahankan Identitas Keislamannya. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nuril Anwaril Fata_D20171050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nuril Anwaril Fata, 2022 : Pola Komunikasi Komunitas Punk Bondowoso Dalam Mempertahankan Identitas Keislamannya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi komunitas punk Bondowoso dalam mempertahankan identitas keislamannya. Punk merupakan bagian dari kehidupan underground. Mereka memiliki ideologi politik dan sosial, hidup di jalanan dan selalu mendengarkan musik-musik yang beraliran keras.
Penelitian ini mengkaji bagaimana pola komunikasi yang dilakukan komunitas punk Bondowoso dalam mempertahankan identitas keislamannya dan apa saja simbol & bentuk komunikasi yang diterapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memahami pola komunikasi komunitas punk Bondowoso serta memahami simbol & bentuk komunikasi dalam mempertahankan keislamannya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Serta teknik pengumpulan data dari hasil wawancara tidak terstruktur dengan informan, dimana peneliti harus terus aktif berinteraksi secara pribadi dalam menganalisa data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh komunitas punk Bondowoso dalam mempertahankan keislamannya adalah : pola komunikasi satu arah, pola komunikasi dua arah, dan pola komunikasi multi arah. Dalam pola komunikasi satu arah tersebut komunikan berperan sebagai penerima komunikasi yang dilakukan dalam bentuk komunikasi melalui media sosial. Pola komunikasi dua arah ini bersifat memperjelas kembali pola komunikasi satu arah yang mana arah sebab akibat bergantian umpan balik mereka apakah pesan tersebut dapat diterima dan dipahmi. Pola komunikasi multi arah yang terjadi di dalam komunitas punk Bondowoso berjalan dengan baik, karena mereka disini saling bertukar pikiran atau berdiskusi dengan masyarakat umum dalam rangka menambah kepercayaan diri dalam mempertahankan identitas keislaman mereka. Sedangkan simbol-simbol komunikasi anak punk bondowoso ada dua, yaitu simbol verbal seperti bahasa lisan dan tulisan dan simbol non verbal terlihat dari gaya berpakaian. Bentuk-bentuk komunikasi anak punk sendiri bermacam-macam seperti ikut pengajian, merayakan hari besar Islam dan tahlilan.
Saran bagi komunitas punk Bondowoso (1) lebih mengembangkan lagi pola komunikasi dalam mempertahankan keislamannya di dalam lingkungan masyarakat, (2) tetap mempertahankan sopan dan santun ketika berada di luar komunitas, (3) meningkatkan lagi aktivitas yang bersifat keislaman dan selalu berbuat baik kepada siapapun itu agar anak punk tidak selalu dipandang negatif di masyarakat.

Kata Kunci : Punk, Komunitas, Pola Komunikasi, Bondowoso

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Nuril Fata
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:36
Last Modified: 17 Jan 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17187

Actions (login required)

View Item View Item