Analisa Sistem Arisan Duos Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Perdata Pasal 1320 Tentang Perjanjiaan (studi kasus di desa sumbergading kecamatan sumber wringin kabupaten Bondowoso)

Fina, Bintana (2023) Analisa Sistem Arisan Duos Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Perdata Pasal 1320 Tentang Perjanjiaan (studi kasus di desa sumbergading kecamatan sumber wringin kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Fina Bintana Azizah._S20182067_Analisa sistem arisan duos perspektif hukum ekonomi syariah dan hukum perdata pasal 1320 tentang perjanjiaan (studi kasus di desa sumbergading kecamatan sumber wringin kabu.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fina Bintana Azizah, 2022, Muhammad Ikrom, M.S.I “Analisa Sistem Arisan
Duos Perspektif Hukum Ekonomi Syariah dan Hukum Perdata Pasal 1320 Tentang Perjanjian (Studi Kasus di Desa Sumber Gading Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso)”
Kata Kunci : Arisan Duos, Hukum Ekonomi Syariah, Hukum Perdata Pasal 1320
Kegiatan perekonomian sangat penting dalam kelangsungan hidup bermasyarat. Muamalat juga menjadikan hubungan antaran sesama manusia yang menghasilkan untuk diri kita sendiri. Dengan berkembangnya zaman banyak kegiatan muamalah yang sudah berkembang dan telah di lakukan dengan bermacam cara, di antaranya yaitu berupa arisan. Yang mana arisan sendiri yaitu tabungan bersama dan perkumlan uang yang nantinya akan di undi secara berkala. Yang mana seperti arisan yang merupakan salah satu bagian dari kegiatan bermuamalat yang sudah sering kita jumpai pada saat ini. Dari yang hukumnnya halal, sehingga haram. Seiring berkembangnya zaman, bentuk arisan pun bermacam-macam, ada yang berbentuk arisan uang, arisan online, dan juga arisan barang.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana mekanisme praktik Arisan Duos di desa Sumber Gading Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso? 2). Bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah pada praktik Arisan Duos di Desa Sumber Gading Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso? 3). Bagaiamana analisa Hukum Perdata Pasal 1320 tentang Perjanjian terhadap praktik Arisan Duos di Desa Sumber Gading Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso?
Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah yuridis empiris atau jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan peneliti dalam menulis skripsi ini adalah pendekatan kualitatif
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1). Mekanisme arisan duos sangat berbeda pada arisan pada umumnya. Yang mana didalam arisan duos hanya terdapat tiga orang di antaranya admin, investor. Masing-masing anggota memiliki peran yang berbeda di antaranya admin akan bertanggung jawab atas uang investor yang nantinya akan di serahkan kepada kreditur, Investor akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan get berapa yang akan di mainkan dalam arisan duos, Sedangkan kreditur yang nantinya akan menggunakan uang investor melalui admin arisan dan akan mengembalikan uang tersebut sesuai dengan kesepakatan. 2. Pandangan Hukum Ekonomi Syariah dalam praktik arisan duos ini yaitu hukumnya tidak boleh dikarenakan di dalamnya terdapat selisih jumlah uang yang di dapatkan dan jumlah uang yang di kembalikan, dan kelebihan jumlah tersebut sesuai dengan get hari yang di ambil. 3. Sedangkan menurut hukum perdata pasal 1320 tentang penjanjian mengenai arisan duos sah-sah saja dikarenakan di dalam arisan duos terdapat kesepakatan antara tiga belah pihak tanpa adanya paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012704 al-Riba (Interest)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012714 al-Qardh (Hutang-piutang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Miss Fina Bintana
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:32
Last Modified: 09 Feb 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17193

Actions (login required)

View Item View Item