Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Kelas VB SD NU Bangilan Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023

Rofiqoh, Ainur (2022) Pembelajaran Tematik dengan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik di Kelas VB SD NU Bangilan Kota Pasuruan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
AINUR ROFIQOH FIX wm.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran Tematik dengan model Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VB merupakan pelaksanaan pembelajaran tematik yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah yaitu: mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dengan hal itu peserta didik dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran. Tematik sendiri merupakan pembelajaran yang menggabungkan beberapa mata pelajaran menjadi satu bahan ajar. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VB.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah pembelajaran tematik dengan model PBL yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik di kelas VB SD NU Bangilan Kota Pasuruan tahun pelajaran 2022/2023?; 2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model PBL dalam pembelajaran tematik kelas VB SD NU Bangilan Kota Pasuruan tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran tematik dengan model PBL yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VB SD NU Bangilan Kota Pasuruan tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan menggunakan model PBL dalam pembelajaran tematik kelas VB SD NU Bangilan Kota Pasuruan tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penentuan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data (kualitatif) menggunakan konsensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan data kuantitatif atau pendukung menggunakan statistik deskriptif, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Pembelajaran tematik dengan model PBL menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pedoman Suharsimi Arikunto. Dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Setiap pertemuan terdapat tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup; 2) Peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada tahap pra siklus mencapai rata-rata 60,8 sedangkan pada siklus I hasil keterampilan pemecahan masalah mencapai rata-rata 72,5 dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 81. Begitu juga dengan presentase peserta didik yang berhasil pada setiap siklusnya juga meningkat, pada tahap pra siklus 6,6% peserta didik, siklus I ada 52,57% peserta didik dan pada siklus II ada 84,21% peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nona Ainur Rofiqoh
Date Deposited: 16 Jan 2023 00:57
Last Modified: 16 Jan 2023 00:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17197

Actions (login required)

View Item View Item