Analisis Praktek Akad Istishna’ Pada Pemesanan Besek Ikan Di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Maulana, Irvan (2023) Analisis Praktek Akad Istishna’ Pada Pemesanan Besek Ikan Di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
watermakirvan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Irvan Maulana, Dr. Abdul Rokhim, S. Ag., M.E.I. 2022: Analisis Praktek Akad Istishna' Pada Pemesanan Besek Ikan di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.

Dalam skripsi ini membahas tentang praktek Akad Istishna' yang diaplikasikan pada pemesanan Besek Ikan di Desa Cangkring. Dalam hal ini penjualan Besek Ikan yang diterapkan mengaplikasikan Akad Istishna‟ sebagai acuan transaksi yang dibenarkan dalam Islam. Akad Istishna‟ secara istilah merupakan suatu transaksi barang dagangan yang masih dalam tanggungan untuk dikerjakan. Pemesanan adalah proses, perbuatan, cara memesan (barang, tempat, dan sebagainya) kepada orang lain.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pemesanan besek ikan di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 2) Bagaimana pelaksanaan Akad Istishna‟ antara penjual dengan pemesan besek ikan di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana sistem pemesanan besek
ikan di desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. 2) Bagaimana pelaksanaan akad Istishna‟ antara penjual dengan pemesan besek ikan di Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research), dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data. Kemudian data dianalisa menggunakan metode kualitatif yang bersifat induktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Sistem pemesanan besek ikan di Desa Cangkring ini merupakan transaksi pemesanan akad Istishna‟ yang sah, karena telah memenuhi rukun-rukun dan syarat-syarat akad Istishna', meskipun di lapangan secara teori kedua belah pihak tidak mengetahui jual beli pemesanan yang mereka praktekkan ini bernama akad Istishna'. 2) Pelaksanaan akad Istishna' antara penjual dan pembeli terjadi langsung di rumah pengrajin, penyebab masalah adanya pembeli yang tidak amanah, terdapat pada pelaksanaanya karena sudah menjadi kebiasaan ditempat ini, metode pembayaran menggunakan opsi yang terakhir dalam mekanisme pembayaran akad Istishna' yakni ditangguhkan untuk nantinya dibayar setelah besek ikan selesai dibuat.

Kata Kunci: Akad Istishna‟, Pemesanan, dan Besek Ikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Irvan Maulana
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:46
Last Modified: 13 Jan 2023 07:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17207

Actions (login required)

View Item View Item