Penerapan Kegiatan Kolase Biji-bijian Untuk Pengembangan Motorik Halus Pasa Kelompok B di TK Pertiwi Mayang Tahun Ajaran 2021/2022

Mudawamah, Atiqoh Ahadiatul (2023) Penerapan Kegiatan Kolase Biji-bijian Untuk Pengembangan Motorik Halus Pasa Kelompok B di TK Pertiwi Mayang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ATIQOH AHADIATUL MUDAWAMAH_T20185035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Motorik halus merupakan gerak tubuh yang melibatkan bagian-bagian tertentu saja yang dilakukan oleh otot-otot kecil seperti jari jemari dan tangan yang sering membentuk kecermatan dan koordinasi mata dengan tangan. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan motorik halus ialah kegiatan kolase. Kegiatan kolase dengan biji-bijian adalah kegiatan menempel dengan biji-bijian kepada pola gambar, menggunakan jari-jemari serta menggerakkan pergelangan tangan, dari gerakan-gerakan halus seperti menempel dan menggerakkan pergelangan tangan maka akan mengalami perkembangan pada motorik halus anak.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang Tahun Ajaran 2021/2022?, 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang Tahun Ajaran 2021/2022?, 3) Bagaimana evaluasi penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang Tahun Ajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskrispsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang Tahun Ajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) perencanaan penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang yaitu guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH), guru menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan dalam kegiatan kolase biji-bijian seperti: gambar pola,biji-bijian dan lem. 2) pelaksanaan penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang yaitu: guru menyiapkan dan membagiakan bahan dan alat untuk kegiatan kolase, guru membuat kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa c) guru menjelaskan langkah-langkah pembuatan kolase, guru mendampingi saat kegiatan kolase 3) evaluasi penerapan kegiatan kolase biji-bijian untuk pengembangan motorik halus pada kelompok B di TK Pertiwi Mayang menggunakan skala pencapaian perkembangan peserta didik seperti BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan, BSB (Berkembang Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Atiqoh Ahadiatul Mudawamah
Date Deposited: 13 Jan 2023 03:16
Last Modified: 13 Jan 2023 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/17210

Actions (login required)

View Item View Item